APA ITU KOMPUTER ALL IN ONE (AIO)

Halo sahabat Sains dan Teknologi

Seperti yang kita ketahui, komputer hadir dalam banyak bentuk, seperti: komputer desktop konvensional, laptop, tablet, dan Komputer All in One (AiO). Masing-masing bentuk tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Komputer desktop konvensional kelebihannya adalah pada harga, performa dan ketahanannya; tetapi ribet dengan semua pretelan. Butuh usaha lebih untuk mendapatkan performa terbaik dari komputer desktop konvensional. 

Artikel Menarik: 9 Alasan Kenapa Kamu Harus Beralih Pada Komputer Gaming

Laptop kelebihannya adalah pada portabilitasnya. Kamu sudah punya monitor, touchpad sebagai pengganti mouse, dan keyboard; semua dalam satu perangkat mini yang tinggal dilipat dan siap dibawa kemana-mana. Akan tetapi, kekurangan laptop adalah usianya yang pendek akibat akumulasi panas serta ketahanan baterai yang tidak terlalu lama. 

Artikel Menarik: Jangan Membeli Laptop Sebelum Baca Artikel Ini

Dalam hal kelebihan dan kekurangan, komputer All in One berada di antara komputer konvensional dan laptop. Komponen komputer All in One hampir mirip dengan laptop; dibuat lebih kecil dan dimasukkan ke bagian belakang monitor sehingga tidak lagi membutuhkan case/tower komputer sebagai wadah Motherboard, CPU, RAM, Graphic Card, dsb. Hasilnya adalah, kamu dapat menikmati komputer layaknya komputer desktop konvensional tetapi tidak perlu bersusah payah. 

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah kelebihnan komputer all in one:

Pertama, komputer All in One tidak makan tempat.

Setiap pabrikan komputer All in One selalu berinovasi untuk membuat desain produk yang semakin tipis dan ringan, dan mereka melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam hal itu. Hampir semua komputer All in One hanya terlihat seperti sebuah monitor saja, padahal ada komputer yang powerful dibaliknya. 

Perhatikan gambar di bawah ini. gambar pertama adalah tata letak komputer gaming konvensional. Dapat dilihat, kan, banyak ruang yang dihabiskannya.

Lalu, gambar kedua adalah komputer All in One Microsoft Surface Studio. Dapat dilihat perbandingan kesederhanaan antara keduanya, bukan?

Tujuan estetis komputer gaming dan komputer all in one berbeda. Jika kamu ingin performa yang baik saat bermain game, maka kamu harus memakai produk terbaik yang dapat dibeli dengan budget yang ada. Tidak peduli seberapa besar ruangan yang akan dibutuhkan oleh komputer gamingmu. Komputer All in One dirancangan untuk tujuan yang berbeda; yaitu untuk mendapatkan kesederhanaan dan tidak boleh banyak makan tempat di atas meja. Demi mendapatkan kesederhanaan tersebut, vendor harus rela mengorbankan sedikit performa komputer.

Baca Juga : 5 Alasan Kenapa Jangan Membeli Komputer All In One (AIO)

Kedua, Komputer All in One Desainnya Lebih Elegan dan Minimalis

Saat belanja di toko, komputer All in One akan segera memikat mata dengan desain futuristiknya. Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu alasan yang akan membuatmu tertarik dengan komputer All in One adalah karena dia terlihat keren. 

Baca Juga : 5 Alasan Kenapa Jangan Membeli Komputer All In One (AIO)

Vendor komputer All in One telah mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan desain yang elegan. Jadi, jika kamu punya selera yang elegan, minimalis, dan sederhana, komputer All in One mungkin cocok untukmu. 

Ketiga, komputer All in One mudah dipindah-pindahkan. 

Kamu cukup mengangkut 3 perangkat jika ingin pindah lokasi: Monitor, Keyboard, Mouse. Sedangkan komputer konvensional kamu harus melakukan 7 hal ini untuk memindahkan lokasi komputer:

  • Mencabut kabel yang menghubungkan monitor dengan tower
  • Mencabut kabel peripheral (mouse, keyboard, speaker) dan mengamankannya.
  • Kamu harus berurusan dengan sihir yang membuat kabel-kabel dapat terikat sendiri.
  • Mengangkut tower yang lumayan berat
  • Mengangkut Monitor
  • Mengangkut peripheral
  • Atur posisi komputer, lalu pasangkan kabel-kabelnya

Kelima, komputer All in One lebih hemat energi.

Hampir semua komponen komputer All in One menggunakan komponen low power sehingga konsumsi listrik akan jauh lebih rendah dari komputer desktop konvensional. Akan tetapi, biaya listrik tersebut harus diganti dengan harga produk yang lebih mahal dengan performa produk yang lebih rendah.

Jadi, tertarik kah untuk membelinya? Tunggu dulu,kamu harus baca artikel ini. sebelum memutuskan untuk membeli komputer All in One.

Baca Juga : 5 Alasan Kenapa Jangan Membeli Komputer All In One (AIO)