APA SIH SEBENARNYA KOMPUTER ITU?

Halo sahabat Sains dan Teknologi

Zaman sekarang, sepertinya, komputer telah menjadi kebutuhan setiap orang. Terserah apa pun profesimu, alat yang pasti wajib kamu miliki adalah komputer.Tanpanya, segala sesuatu yang kamu kerjakan pasti terasa sangat lambat dan progres kerjamu pasti akan terhambat. Oleh karena itu, komputer adalah salah satu investasi penting untuk menjamin masa depanmu.

Akan tetapi, pernahkah terpikir olehmu, apa sih sebenarnya komputer itu?

Komputer Adalah

…peralatan elektronik yang dapat memanipulasi DATA. Komputer adalah mesin yang dapat memproses, menghitung, dan melakukan suatu operasi beradasarkan instruksi yang datang dari software (perangkat lunak) atau hardware (perangkat keras).

Data (seperti angka, teks, gambar, animasi, video, dsb) kemudian diolah menjadi informasi yang dapat dimengerti sehingga nantinya terjadi perubahan dari INPUT (data) menjadi OUTPUT (informasi).

 

BACA JUGA APA ITU KOMPUTER ALL IN ONE (AIO)

 

Hardware Komputer Adalah

Segala perangkat pada komputer yang memiliki wujud fisik yang dapat disentuh seperti monitor, keyboard, mouse, dan sampai pada kompone elektronik kecil-kecil di dalamnya.

Software Komputer Adalah

… seperangkat perintah yang berisi instruksi apa yang harus dilakukan hardware dan bagaimana cara melakukannya. Sistem Operasi (Windows, Linux, atau Machinctosh), Google Chrome, Microsoft Word, dsb. adalah contoh-contoh software.

Ketika mendengar kata “komputer”, yang dibayangkan orang pertama kali adalah seperangkat alat yang terdiri dari monitor, CPU*, Mouse, dan Keyboard yang ada di atas meja. Sebenarnya, komputer hadir dengan dalam banyak bentuk dengan tujuan spesifik masing-masing. Selain komputer desktop dan laptop; kalkulator, mesin ATM, phone tablet, smartphone, smart TV, smartwatch, XBOX, Playstation, dll.; juga merupakan komputer dengan fungsi yang berbeda.

Baca Juga :  Mengenal Berbagai Macam Ilmu Zoologi Di Berbagai Macam Bidang

 

*CPU adalah Central Processing Unit atau biasa disebut Prosesor. Kotak yang biasa kamu sebut CPU itu sebenarnya disebut COMPUTER CASE; yaitu kotak untuk tempat komponen komputer berada yang berfungsi untuk melindungi komponen di dalamnya (Sebenarnya, masih ada fungsi-fungsi lain selain untuk melindungi)