Cara Menerapkan Ilmu Fisika Dalam Aktivitas Sehari-Hari

Menerapkan Ilmu Fisika – Banyak yang beranggapan bila fisika tidak berkaitan dengan aktivitas kehidupan sehari-hari. Bahkan tidak sedikit juga yang mengatakan bila tidak bisa menerapkannya dalam semua kegiatan yang sering dilakukan.

Maka tidak heran bila ilmu fisika hanya diterapkan saat masih di dunia pendidikan. Baik itu pendidikan menengah, pendidikan atas sampai dengan jenjang perguruan tinggi. Ketahuilah sekalipun ilmu fisika terlihat sulit, hal tersebut tetap bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Menerapkan ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari bisa saja dimulai pada hal yang kecil. Baru kemudian dilakukan pada hal besar lainnya. Ilmu fisika juga bukan hanya berkaitan dengan rumus yang sulit tetapi mencakup pada beberapa hal lain.

Ilmu fisika juga berguna maupun dibutuhkan untuk cabang ilmu pendidikan lainnya. Lebih jelasnya cakupan ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut ini:

  • Ilmu Fisika Dengan Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Penerapan ilmu fisika pertama yang bisa dilakukan dalam kehidupan nyata ialah GLB. Gerak lurus beraturan ialah salah satu gerakan dengan kecepatan yang konstan. Pada dasarnya ilmu fisika dengan gerak lurus beraturan memang cukup sulit ditemukan.

Dalam artian penerapannya tidak terlalu banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi tetap ada penerapannya sekalipun dalam jumlah yang terbatas.

Penerapan gerak lurus beraturan dari ilmu fisika bisa dilihat pada sebuah kapal laut. Kapal laut sering kali menyeberangi lautan dengan jangkauan yang cukup luas. Tetapi pada pergerakannya menyeberangi lautan dilakukan dengan gerakan lurus. Terutam dengan lintasan lurus serta dengan kecepatan yang tetap.

Dari hal tersebut bisa disimpulkan bila ilmu fisika tetap bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Sekalipun penggunaannya tidak terlalu besar atau banyak. Terlebih berkaitan dengan gerak lurus beraturan.

  • Ilmu Fisika Dengan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Penerapan ilmu fisika selanjutnya dalam kehidupan sehari-hari yakni melalui gerak lurus berubah beraturan. Secara tidak sadar ilmu fisika sudah sejak lama digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

GLBB merupakan sebuah gerak dari benda dengan memiliki kecepatan yang bertambah secara teratur bahkan berkurang juga secara teratur. Dari perubahan tersebut sering dikenal dengan istilah percepatan.

GLBB sendiri biasanya diterapkan pada gerak jatuh bebas. Diantaranya terjadi pada buah yang jatuh. Seperti buah mangga atau buah kelapa. Ketika buah tersebut jatuh, pada awalnya dengan kecepatan yang tinggi namun perlahan kecepatan akan berubah terutama ketika sudah jatuh di permukaan tanah.

  • Ilmu Fisika Dengan Gerak Parabola
Baca Juga :  Mengenal Berbagai Macam Ilmu Zoologi Di Berbagai Macam Bidang

Gerak parabola ini juga sering diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Gerak ini merupakan gerak ke atas kemudian lintasannya dengan bentuk garis yang melengkung. Contoh penerapan gerak tersebut juga sering dilakukan dalam aktivitas sehari-hari. Diantaranya ketika olahraga tenis, bulu tangkis serta permainan sepak bola.

  • Ilmu Fisika Dengan Gelombang Elektromagnetik

Ilmu fisika ini sangat banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan hampir setiap saat dilakukan maupun dinikmati kalangan masyarakat. Hanya saja terkadang tidak menyadari bila termasuk dalam ilmu fisika.

Beberapa ilmu fisik dengan gelombang elektromagnetik yang sering terjadi dalam keseharian. Diantaranya pada beberapa perangkat berikut ini:

  • Pada perangkat TV
  • Smartphone atau Ponsel
  • Microwave
  • Perangkat radio
  • Perangkat radar yakni sebagai alat komunikasi
  • Alat informasi serta hiburan
  • Perangkat sinar X atau Rontgen. Biasanya digunakan dalam dunia medis. Baik itu dengan tipe 2 dimensi maupun CT Scan dengan 3 dimensi.

Dari beberapa perangkat di atas sebenarnya menerapkan ilmu fisika di dalamnya. Tanpa dilakukannya penerapan ilmu fisika di dalamnya maka sedikit sulit untuk mengoperasikan beberapa perangkat di atas. Bahkan sulit untuk mendapatkan hasil seperti yang diinginkan.

  • Ilmu Fisika Dengan Hukum Newton

Hukum newton merupakan dari sebuah benda mempertahankan kedudukannya. Contoh penerapannya cukup sederhana bahkan sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Diantaranya:

  • Ketika mengendarai mobil ataupun berada dalam mobil. Pada saat mobil mengambil gerak maju, maka secara otomatis tubuh juga akan maju atau terdorong . Meskipun gerakan tubuh tidak begitu besar tetapi tetap saja terjadi hukum newton.
  • Pada saat berada di dalam lift juga hukum newton secara otomatis terjadi. Hukum newton yang terjadi pada saat di dalam lift sama dengan “F= m . a”
  • Ilmu fisika lainnya yang sering dilakukan dalam kehidupan ialah dengan Gaya aksi = reaksi. Misalnya ketika sedang menekan papan tulis. Pada saat tersebut papan tulis akan memberikan reaksi.

Ketika tekanan yang diberi sangat kecil maka reaksinya kecil juga. Tetapi ketika tekanan yang diberikan besar maka reaksi besar juga bisa terjadi misalnya papan tulis akan menjadi rusak.

  • Ilmu Fisika Dengan Kalor
Baca Juga :  Mengenal Berbagai Macam Ilmu Zoologi Di Berbagai Macam Bidang

Penerapan ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari selanjutnya ialah dengan terjadinya kalor. Penerapan kalor dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya sering terjadi bahkan dilakukan setiap saat.

Contohnya penerapan ilmu fisika kalor sebagai berikut ini:

  • Peristiwa Membeku – Hal ini sangat sering dialami dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan dengan sengaja menghasilkan kalor dengan peristiwa membeku. Misalnya air yang cair dimasukan dalam freezer kemudian membeku. Lilin cair ketika dihidupkan kemudian membeku kembali ketika lilin padam.
  • Peristiwa Mencair – Perubahan wujud ini biasanya terjadi ketika es batu yang dikeluarkan dari kulkas maupun freezer kemudian menjadi air. Hal tersebut membuktikan bila ilmu fisika sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
  • Peristiwa Menguap – Perubahan wujud menguap termasuk ilmu fisika dan sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya terjadi ketika sedang merebus air kemudian akan habis bila dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Lainnya yakni ketika bensin dituangkan pada tempat terbuka, maka beberapa waktu bensin akan menghilang dengan sendirinya.
  • Peristiwa Mengembun – Penerapan ilmu fisika dalam kehidupan nyata selanjutnya pada peristiwa mengembun. Kejadian ini biasanya terjadi ketika es batu yang ada dalam gelas nantinya akan mengeluarkan embun pada luar gelas. Hal ini tentunya sering kita alami terlebih ketika sedang mengkonsumsi minuman es. Secara tidak sadar ilmu fisika sudah terjadi dalam kehidupan sehari-hari melalui kejadian tersebut.
  • Peristiwa Menyublim – Kejadian ilmu fisika selanjutnya yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari ialah pada kejadian menyublim. Hal ini biasanya terjadi ketika kapur barus yang disimpan di lemari pakaian di rumah. Dalam jangka waktu yang panjang kapur barus akan mulai mengecil bahkan sampai habis.

Itulah beberapa ilmu fisika yang diterapkan bahkan sudah terjadi dalam kehidupan nyata. Masih banyak lagi penerapan ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja terkadang tidak menyadarinya bahkan tidak paham apakah masuk dalam ilmu fisika atau bukan.

Pada intinya ilmu fisika sering terjadi dalam kehidupan. Terkadang juga memang sengaja digunakan untuk membuat beberapa benda bisa berfungsi dengan baik. Diantaranya seperti contoh sebelumnya yakni penggunaan pada alat medis.