Dampak Buruk Akibat Kekurangan Tumbuhan Di Lingkungan Bagi Kehidupan Manusia

RATE :
5/5

Dampak dari hutan yang gundul sebenarnya bukan hanya dirasakan oleh masyarakat yang berada dekat hutan tersebut. Namun dampak buruk dari hutan gundul juga akan dirasakan oleh masyarakat lainnya. Terutama suatu daerah yang mengalami hutan yang gundul tersebut.

Pada dasarnya ada banyak penyebab dari hutan gundul. Salah satu penyebabnya ialah  penebangan hutan secara liar bahkan disebabkan juga karena kebakaran hutan. Salah satu negara yang sudah mengalami gundul nya hutan yakni Indonesia.

Dikatakan juga bila Indonesia masih mengalami masalah yang cukup serius. Yakni berupa kabut asap yang sering dialami beberapa wilayah di Indonesia.

Penyebab dari asap yang berbahaya tidaklah lepas dari kebakaran hutan di beberapa wilayah. Sebagai penduduk Indonesia, ada baiknya agar selalu menjaga kelestarian lingkungan maupun menjaga kelestarian hutan.

Secara keseluruhan hutan adalah sumber kehidupan manusia maupun makhluk hidup lainnya. Tanpa adanya hutan bisa menyebabkan kekurangan cadangan air bersih. Maupun kekurangan sumber daya lainnya yang bisa hilang.

Ada banyak masalah yang bisa ditimbulkan karena hutan gundul. Rendahnya kesadaran masyarakat sering ditandai dengan penebangan hutan secara liar atau dilakukan tanpa izin. Namun masih sedikit usaha reboisasi yang dilakukan, namun sering terjadi maraknya pembakaran hutan.

Ada banyak dampak yang akan ditimbulkan dari hutan gundul. Diantaranya sebagai berikut ini:

  • Mengakibatkan Rendahnya Kualitas Oksigen

Dampak yang akan terjadi dari hutan gundul salah satunya adalah kualitas oksigen yang semakin menurun atau rendah. Secara keseluruhan tumbuhan berperan penting dalam pembentukan oksigen. Bahkan sangat dibutuhkan oleh manusia.

Apabila tumbuhan yang ada di hutan semakin berkurang, maka semakin sedikit juga oksigen yang akan dihasilkan. Hal tersebut yang akan mengakibatkan kualitas oksigen menjadi semakin menurun.

  • Dapat Mengakibatkan Cuaca Semakin Panas

Hutan gundul juga dapat menjadikan alam maupun suhu semakin panas. Alam semakin panas pada dasarnya disebabkan karena tanaman peneduh semakin berkurang jumlahnya.

Maka dari itu sinar matahari secara langsung menyengat kulit. Kemudian secara perlahan  tidak akan mampu dirasakan oleh kulit. Dalam artian kulit tidak mampu terpapar langsung dengan suhu yang begitu panas.

Baca Juga :  Peran Penting Ilmu Fisika Dalam Dunia Medis
  • Dapat Menyebabkan Banjir

Dampak lainnya karena hutan gundul yakni mudah terjadi banjir. Memang tidak bisa di pungkiri bila hutan yang gundul berperan terjadinya banjir di suatu wilayah. Hal tersebut terjadi karena akar pohon tumbuhan tidak bisa menyerap air hujan yang meluap.

Kejadian tersebut tidak lepas dari berkurangnya pepohonan di sekitar wilayah yang terkena banjir.  Maka jangan heran bila terjadi hujan secara cepat akan terjadi banjir.

  • Bisa Menyebabkan Kekeringan

Akibat lainnya dari kondisi hutan gundul yakni terjadinya kekeringan. Ketika jumlah pohon semakin sedikit, maka secara otomatis air yang diserap juga semakin sedikit.

Maka air tanah juga dengan jumlah menjadi sedikit. Apabila air tanah semakin sedikit maka bisa menyebabkan bencana kekeringan di suatu wilayah.

  • Dapat Mengakibatkan Longsor

Hutan yang gundul juga dapat menjadi penyebab dari tanah longsor. Hal tersebut  dikarenakan akar tumbuhan memiliki fungsi sebagai pemadat struktur yang ada dalam tanah.

Ketika hujan datang, air tidak akan secara langsung mengenai tanah. Namun akar pohon lebih dahulu menyerap hujan yang datang. Tetapi hutan yang gundul, tidak akan bekerja secara sama.

Air hujan tidak akan terserap oleh akar pohon. Apabila tanah terkena hujan secara terus menerus. Maka kontur dan struktur tanah tersebut bisa  menjadi rusak bahkan kemudian dapat menyebabkan tanah menjadi longsor.

  • Penyebab Dari Global Warming

Pemanasan global juga sebenarnya merupakan dampak hutan yang semakin gundul.  Hal tersebut dikarenakan benda yang menghasilkan zat karbon membuat bumi semakin panas.

Kandungan zat karbon tidak akan bisa diubah menjadi oksigen apabila tumbuhan semakin sedikit. Secara otomatis zat karbon bisa merusak lapisan ozon bumi. Bahkan  es di kutub akan mencair.

  • Dapat Menyebabkan Erosi

Hutan gundul juga menjadi penyebab erosi tanah. Erosi sebenarnya merupakan pengikisan lapisan tanah. Bahkan bisa menyebabkan terjadinya pengikisan sedimen.

Hutan gundul juga bisa menyebabkan erosi karena hujan yang turun ke bumi lama dalam kondisi yang lama. Kemudian dapat mengikis tanah. Maka dari itu lapisan tanah maupun komponen-komponen tanah dapat menjadi rusak

  • Bisa Menyebabkan Abrasi

Dampak lain karena hutan gundul yakni terjadinya pengikisan tanah. Diantaranya sering terjadi di sekitar pantai yang mana sering disebabkan oleh gelombang laut. Abrasi akan terus terjadi  apabila pohon di sekitar pantai dengan jumlah yang sedikit ataupun tidak ada sama sekali.

Baca Juga :  Mengenal Berbagai Macam Ilmu Zoologi Di Berbagai Macam Bidang
  • Dapat Mengurangi Keuntungan Negara

Pada dasarnya sebuah negara juga memperoleh keuntungan dari hasil hutan. Sering disampaikan juga bila negara diberikan keuntungan dari industri kayu yang ada di hutan.

Misalnya seperti industri rotan, industri buah-buahan serta industri lainnya. Saat hutan gundul, secara otomatis potensi hutan seperti kayu maupun rotan akan menghilang. Menghilangnya hasil hutan tersebut dapat menurunkan pendapatan suatu negara.

  • Mengakibatkan Habitat Hutan Rusak

Memang tidak bisa di pungkiri bila hutan menjadi habitat hewan dan tumbuhan. Ketika hutan mengalami kebakaran bahkan dalam keadaan gundul, secara otomatis juga habitat hewan maupun tumbuhan kerusakan.

  • Mengakibatkan Berkurangnya Flora Dan Fauna

Dampak paling nyata akibat hutan gundul yakni flora dan fauna yang ada di dalamnya juga bisa mati. Secara alami hutan merupakan habitat flora maupun fauna. Ketika habitat mereka menjadi rusak, flora dan fauna jelas menjadi korban.

  • Kekayaan Hutan Semakin Berkurang

Indonesia merupakan salah satu negara kaya, baik dari hasil lautnya, hasil buminya bahkan hasil hutannya. Namun hal tersebut secara perlahan mulai menghilang. Terutama disebabkan oleh penebangan hutan secara liar hingga semakin merajalela.

Bahkan ditambah lagi kebakaran hutan yang sering terjadi. Kejadian tersebut merusak kekayaan hutan yang ada di Indonesia. Hal tersebut juga menyebabkan rusaknya flora dan fauna yang sebelumnya menjadi kebanggaan Indonesia.

  • Penyebab Dari Terputusnya Rantai Makanan

Hutan gundul juga bisa menyebabkan terputusnya rantai makanan. Misalnya bagian hutan yang gundul merupakan habitatnya si ular. Maka Ular tersebut akan yang mati sehingga rantai makanan menjadi terputus di tikus.

Hal tersebut nantinya mengakibatkan populasi tikus semakin meningkat. Apabila populasi tikus meningkat, secara otomatis tentu rantai makanan menjadi tidak seimbang.

Itulah dampak buruk yang bisa terjadi apabila selalu terjadi kekurangan tumbuhan. Bahkan ada banyak lagi hal lainnya yang bisa terjadi terlepas dari beberapa poin yang sudah disebutkan di atas.

Secara keseluruhan dampak dari kekurangan tumbuhan mengakibatkan kejadian yang sangat negatif. Bukan hanya dirasakan manusia namun juga bisa merugikan semua habitat yang ada di alam liar.

Baik itu dirugikan karena kekurangan sumber oksigen, sumber makanan bahkan tempat tinggal bagi habitat hewan.