Energi Alternatif Dari Alam Dengan Manfaat Yang Besar

Energi Alternatif – Merupakan energi yang berasal dari alam kemudian diproses kembali sehingga bisa digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu hasil dari energi alam yang bisa dirasakan masyarakat yakni dari segi penerangan.

Energi alternatif berasal dari alam dengan berbagai jenis. Energi tersebut diproses kembali sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Diantaranya Energi Matahari, Energi Angin, Energi Air, Energi Panas Bumi.

Pemanfaatan dari energi alternatif bukan tanpa alasan dilakukan. Semua itu dikarenakan energi seperti minyak bumi semakin hari semakin menipis ketersediaan nya. Maka dari itulah beberapa ahli melakukan penelitian kemudian memanfaatkan beberapa energi alam lainnya. Terlebih bisa digunakan untuk pembangkit listrik.

Penggunaan energi alternatif ini memang belum begitu populer di dalam negeri secara khusus di Indonesia. Namun energi alternatif sudah digunakan di berbagai negara di seluruh dunia.

Sedikitnya penggunaan energi alternatif karena masalah kurangnya peralatan canggih. Hal ini juga termasuk juga Trends Teknologi Canggih Dinilai Akan Mengubah Dunia.

Beberapa Energi Alternatif Yang Sudah Digunakan Untuk Pembangkit Listrik Serta Sumber Daya Lainnya. Yakni Sebagai Berikut:

  1. Energi Matahari

Energi matahari sebenarnya sudah digunakan di Indonesia. Diantarnya untuk membuat energi listrik. Hanya saja pemanfaatan energi ini masih belum begitu luas hingga saat ini. pada dasarnya energi alternatif dari matahari cukup bagus digunakan untuk pembangkit listrik.

Energi ini merupakan energi yang tidak akan habis meskipun digunakan setiap hari. Dari keseluruhan bisa dikatakan energi matahari sangat bermanfaat serta ramah lingkungan. Meskipun saat ini masih belum begitu besar penggunaannya di Indonesia. Tetapi ke depannya tidak menutup kemungkinan akan digunakan semaksimal mungkin.

  • Energi Panas Bumi

Energi ini sebenarnya berasal dari panas bumi yang berasal paling bawah permukaan bumi. Biasanya dihasilkan oleh gunung berapi. Dari sebuah gunung berapi akan menghasilkan gas, uap, bahkan menghasilkan air dengan suhu yang panas.

Saat ini energi panas bumi memang belum digunakan secara menyeluruh. Hal tersebut dikarenakan masih dilakukan penelitian hingga benar-benar menghasilkan data yang valid. Tetapi dari energi yang dihasilkan gunung berapi bisa dimanfaatkan sebagai alternatif pembangkit listrik.

Bila dilihat dari manfaatnya, Indonesia lebih memiliki potensi besar untuk memanfaatkan energi panas bumi dari gunung berapi. Hal tersebut tidak terlepas dari banyaknya gunung berapi yang ada di negeri ini Indonesia.

  • Energi Alternatif Angin
Baca Juga :  Mengenal Berbagai Macam Ilmu Zoologi Di Berbagai Macam Bidang

Energi lainnya yang sudah dimanfaatkan untuk pembangkit listrik yakni bersumber pada angin. Energi alternatif ini sebenarnya sudah sejak lama digunakan. Bahkan pemanfaatan energi angin ini sudah dilakukan Belanda.

Maka dari itu Belanda dikenal dengan negara kincir angin. Semua itu tidak terlepas dari banyaknya kincir angin yang ada di sana terutama berfungsi sebagai pembangkit listrik.

Dengan kincir yang besar maka energi listrik akan bisa dihasilkan serta bisa digunakan untuk menerangi wilayah yang luas. Hanya saja harus menggunakan alat yang sudah canggih untuk menerapkan energi angin sampai bisa menghasilkan tenaga listrik.

  • Energi Alternatif Hydropower

Melihat luasnya Indonesia akan daerah perairan. Sangat cocok memanfaatkan tenaga air menghasilkan pembangkit listrik. Namun sampai saat ini belum digunakan secara maksimal.

Tetapi bisa jadi ke depannya akan menggunakan tenaga air untuk menghasilkan listrik. Hydropower merupakan pembangkit listrik yang ramah lingkungan. Bahkan merupakan sumber alam yang bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Namun sekali lagi untuk mengolah tenaga air menjadi listrik harus menggunakan alat yang canggih sehingga benar-benar dapat mengubah air menjadi tenaga listrik.

  • Energi Alternatif Gas Alam

Gas alam sebenarnya merupakan energi yang berada di bawah tanah dengan kedalaman yang cukup tinggi. Gas alam juga mengandung berbagai macam campuran diantaranya hidrokarbon. Bahkan dengan daya yang sangat tinggi.

Dari energi gas alam ini bisa juga digunakan untuk pembangkit listrik dengan kapasitas yang cukup besar. Biasanya disebut juga dengan PLTG. Selain bisa digunakan untuk tenaga listrik, gas alam juga sudah digunakan untuk pembuatan gas elpiji.

Bahkan saat ini sudah digunakan juga untuk kendaraan roda dua sampai pada penggerak mesin pada sebuah pabrik.

  • Energi Alternatif Hidrogen

Saat ini masih banyak kalangan yang mengenal bahan bakar jenis BBM. Bahkan menjadi sumber bahan bakar yang banyak digunakan di Indonesia. Namun ketahuilah ada beberapa negara yang sudah menggunakan energi alternatif lain sebagai pengganti BBM

Energi alternatif yang digunakan berasal dari Hidrogen. Dari penelitian yang sudah dilakukan, bahan bakar dari Hidrogen tidak menimbulkan polusi udara.  Hal tersebut dikarenakan pembuatannya dilakukan di dalam air.

Baca Juga :  Peran Penting Ilmu Fisika Dalam Dunia Medis

Energi alternatif Hidrogen ini cocok digunakan di Indonesia. Terlebih bila dilihat besarnya dampak polusi yang sudah terjadi saat ini di lingkungan sekitar.

  • Energi Alternatif Biomasa

Energi biomasa sebenarnya berasal dari tumbuhan serta kotoran hewan. Kedua sumber tersebut diolah kembali sehingga bisa menghasilkan energi baru termasuk listrik. Tetapi sekali lagi penggunaan energi biomasa masih jarang digunakan di Indonesia.

Padahal bila dilihat dari besarnya populasi tumbuhan serta peternakan yang ada di Indonesia, hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat energi alternatif untuk pembangkit listrik atau hal lainnya.

  • Energi Tidal

Energi alternatif ini berasal dari lautan. Terutama merupakan pasang surut dari air laut. Sekali lagi penggunaan energi alternatif ini sangat cocok untuk Indonesia. Hal tersebut tidak lepas dari besarnya wilayah perairan yang dimiliki saat ini khususnya Indonesia.

Alasan belum digunakannya energi Tidal ini di Indonesia bisa saja karena alat yang belum memadai. Karena untuk menghasilkan energi tidal memang harus menggunakan alat canggih.

  • Energi Alternatif Gelombang Laut

Air laut pada dasarnya bisa diolah dengan berbagai energi alternatif yang berbeda. Sebelumnya dikenal dengan energi tidal yang berasal dari pasang surut air laut. Pada dasarnya bukan hanya dari pasang surutnya air laut yang bisa dijadikan energi alternatif.

Tetapi bisa juga menggunakan gelombang laut. Gelombang laut sendiri bisa diolah kembali menjadi alternatif. Diantarnya untuk memutar sebuah turbin dengan ukuran besar yang nantinya bisa menghasilkan tenaga listrik dengan kapasitas besar.

Pengolahan gelombang laut untuk menjadi energi listrik sangat cocok digunakan di Indonesia.

Itulah beberapa energi alternatif yang bisa dihasilkan dari alam. Hanya saja pengolahan sumber daya alam untuk mendapatkan energi listrik membutuhkan peralatan yang canggih. Dari semua energi alam yang dijelaskan di atas bisa digunakan di Indonesia.

Hal tersebut dikarenakan Indonesia merupakan negara dengan memiliki kekayaan alam yang cukup besar. Bila dinilai dari fungsi yang begitu besar, tidak menutup kemungkinan ke depannya Indonesia akan menggunakan beberapa energi alternatif seperti di atas. Semua itu hanya masalah waktu saja.

Dari semua energi alternatif yang disampaikan juga termasuk energi ramah lingkungan. Bahkan bisa dijadikan untuk mengatasi polusi yang ada saat ini. Karena hampir semua energi yang sudah digunakan menghasilkan polusi udara yang begitu parah sampai saat ini.