Ilmu Fisika Yang Diterapkan Dalam Kehidupan Sehari-Hari Hingga Saat Ini

Ilmu Fisika Dalam Kehidupan – Ketika mendengar kata fisika, hal pertama yang ada dalam benak pikiran pasti tentang rumus. Pemikiran seperti ini memang tidak ada salahnya, karena memang benar bila ilmu fisika pasti terkait dengan beberapa rumus.

Dari keterkaitan dengan rumus tersebut kadang kala kalangan masyarakat tidak pernah menyangka bila ilmu fisika sudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan ini bukan hanya dilakukan kemarin. Melainkan sudah dilakukan sejak lama bahkan dengan manfaat yang begitu besar.

Meskipun penerapan ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari dengan manfaat yang besar. Hal tersebut tetap tidak disadari. Sekalipun benda yang digunakan setiap waktu menerapkan ilmu fisika di dalamnya.

Berikut ini beberapa benda dalam kehidupan sehari-hari yang menerapkan ilmu fisika di dalamnya.

  1. Penerapan Ilmu Fisika Di Dalam Jam Beker

Terlihat kecil terkadang tidak dipedulikan. Ternyata jam beker yang sering digunakan untuk membangunkan saat tidur sudah menerapkan ilmu fisika di dalamnya. Kebanyakan kalangan hanya beranggapan bila jam beker tersebut bekerja karena adanya daya gerak.

Daya penghantar gerak tersebut biasa dikenal dengan batu baterai. Hal ini memang tidak ada salahnya karena jam beker bisa berfungsi karena adanya batu baterai. Tetapi sistem kerjanya menerapkan ilmu fisika.

Pada dasarnya jam beker yang berbunyi merupakan salah satu dari konsep mekanika kuantum. Konsep tersebut digunakan untuk mempelajari hal kecil terutama dalam skala atom serta skala elektron.

Konsep mekanika kuantum sebenarnya merupakan objek yang dinilai sebagai probabilitas. Kemudian dijadikan sebagai peluang sehingga bisa berada pada satu titik. Selanjutnya menuju titik lain begitu seterusnya.

  • Penerapan Ilmu Fisika Pada Pulpen

Ketika berbicara mengenai pulpen yang menerapkan ilmu fisika hal ini jelas tidak akan dipercaya banyak kalangan. Benda sekecil ini memang sulit dipercaya bila ada ilmu fisika di dalamnya.

Namun bila dilihat lebih detail lagi. Pulpen memang termasuk salah satu benda yang menerapkan ilmu fisika di dalamnya. Sebuah pulpen pada dasarnya menerapkan ilmu fisika dengan konsep gaya gravitasi.

Ketika diperhatikan dengan jelas, pada bagian tinta pulpen terdapat seperti bola kecil atau gelembung kecil. Gelembung tersebut nantinya yang membuat gaya gravitasi akan terjadi. Ketika pulpen digunakan untuk menulis di atas kertas, jelas menggunakan posisi tegak.

Ketika gaya gravitasi sudah terjadi maka akan ada sebuah tarikan. Pada saat itu nantinya pulpen akan mengeluarkan tinta mengikuti gerakan yang dilakukan di atas kertas.

  • Penerapan Ilmu Fisika Pada Lensa Kamera

Jelas tidak akan pernah disangka bila kamera juga menerapkan ilmu fisika di dalamnya. Hal ini tidak pernah dipikirkan karena kebanyakan orang hanya membahas kualitas kamera. Tetapi jarang yang membahas seperti apa kamera bisa bekerja saat digunakan.

Kamera bukan hanya dirasakan pada produk dengan ukuran besar saja. Misalnya dengan kamera yang sering digunakan fotografer. Tetapi saat ini sudah banyak perangkat yang menggunakan kamera salah satunya perangkat smartphone.

Namun ketahuilah bila kamera tersebut sebenarnya menerapkan ilmu fisika dalam sistem kerjanya. Ilmu fisika yang diterapkan dalam kamera dinamakan dengan prinsip optical. Prinsip ini sebenarnya merupakan sebuah set berupa lensa cembung yang ada pada kamera.

Kemudian dari lensa tersebut nantinya akan dihasilkan output sesuai dengan benda yang diambil menggunakan kamera terkait.  Penemuan ini sebenarnya sudah dikenal sejak lama. Tetapi hingga kini penerapan ilmu fisika dalam kamera tetap terjadi bahkan dengan prinsip yang sama yakni prinsip optical.

  • Penerapan Ilmu Fisika Pada Ponsel

Penerapan ilmu fisika selanjutnya ialah pada sebuah ponsel. Berbagai jenis yang dikeluarkan perusahaan ternama berkaitan dengan perangkat smartphone. Pada umumnya dengan kelebihan masing-masing di dalamnya.

Secara keseluruhan perangkat ponsel juga menerapkan ilmu fisika di dalamnya. Ilmu fisika yang diterapkan dalam perangkat smartphone dikenal dengan istilah spektrum elektromagnetik.

Prinsip spektrum elektromagnetik tersebut dimanfaatkan kembali sebagai pola bergelombang yakni berupa listrik serta magnet. Bisa dipastikan semua perangkat ponsel sampai saat ini masih menggunakan ilmu fisika dalam kerjanya. Tanpa ilmu fisika seperti spektrum elektromagnetik mungkin sedikit sulit membuat ponsel bisa bekerja sebagaimana mestinya.

  • Penerapan Ilmu Fisika Pada Bidang Pertanian

Ilmu fisika bukan hanya diterapkan pada perangkat elektronik saja melainkan diterapkan juga dalam dunia pertanian. Hal ini sebenarnya sudah sejak lama ditemukan dan digunakan sampai saat ini.

Salah satu penerapan ilmu fisika dalam dunia pertanian dikenal dengan istilah rekayasa genetika. Dari rekayasa genetika tersebut selanjutnya bisa menghasilkan penemuan bibit unggul. Tanpa adanya ilmu fisika berupa rekayasa genetika sedikit sulit menemukan bibit yang berkualitas atau dengan istilah bibit unggul.

  • Penerapan Ilmu Fisika Bidang Transportasi

Penerapan ilmu fisika lainnya juga diterapkan pada bidang yang cukup besar yakni transportasi. Pesatnya perkembangan alat transportasi saat ini bukan hanya didasari besarnya perusahaan maupun pekerja yang banyak saja.

Tetapi dari terciptanya alat transportasi juga didasari karena penerapan ilmu fisika di dalamnya. Salah satu ilmu fisika yang diterapkan yakni dengan konsep gerakan dari benda.

Gerakan yang dihasilkan mampu menggerakkan komponen mesin sehingga mampu membuat pergerakan pada badan mobil. Tanpa adanya ilmu fisika jelas tidak akan bisa tercipta kendaraan seperti sekarang ini.

  • Penerapan Ilmu Fisika Pada Energi Alternatif

Penerapan ilmu fisika lainnya dalam kehidupan sehari-hari hingga saat ini yakni pada energi alternatif. Dengan menggunakan ilmu fisika maka tercipta lah energi alternatif seperti saat ini. Salah satunya dikenal dengan listrik tenaga surya.

Energi alternatif yang berasal dari sinar surya harus melalui proses terlebih dahulu. Proses yang dimaksudkan yakni dengan menampung daya panas dalam sebuah komponen. Kemudian selanjutnya diolah lagi dengan alat tambahan baru bisa menghasilkan cahaya listrik.

Ada banyak lagi ilmu fisika yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari hingga saat ini. Penerapan ilmu fisika tersebut tidaklah lepas untuk membuat beberapa benda bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Tanpa adanya pemanfaatan ilmu fisika, sedikit sulit mendapatkan hasil seperti yang diinginkan. Lebih besarnya ilmu fisika termasuk dalam konsep kerja semua benda yang digunakan untuk membuat sebuah output.

Secara keseluruhan ilmu fisika bisa dikatakan sebagai proses dalam semua benda yang digunakan. Baik itu proses terjadinya perputaran pada mesin kendaraan, terjadinya daya listrik dari angin, listrik dari air, alat komunikasi dan lain sebagainya.

Jadi secara menyeluruh ilmu fisika bukan berarti berkaitan dengan semua rumus saja. Melainkan sering digunakan untuk pendukung pada sebuah benda hingga bisa beroperasi dengan baik. Memang tidak bisa di pungkiri bila pada awalnya di bangku sekolah fisika erat kaitannya dengan aktivitas menghitung. Terlebih dengan beberapa rumus yang cukup rumit.

Namun ilmu fisika memiliki manfaat besar pada berbagai aspek dan memberikan dampak yang besar bagi kalangan masyarakat saat ini.