Jenis Tanaman Yang Memiliki Manfaat Baik Bagi Kesehatan

RATE :
5/5

Keberadaan tanaman di lingkungan masyarakat memang memiliki dampak yang positif. Tanaman yang ada di lingkungan bisa mempercantik kondisi lingkungan bahkan memiliki dampak lainnya yang tidak kalah penting juga.

Ada banyak jenis tanaman yang ada di lingkungan dengan memiliki manfaat besar. Bahkan  tidak hanya bisa mempercantik lingkungan saja. Namun juga bisa bermanfaat bagi kesehatan semua manusia saat ini.

Jenis tanaman yang ada di lingkungan dengan manfaat besar akan dibahas pada artikel ini. jenis tanaman dengan manfaat baik untuk kesehatan akan dibahas dengan detail. Diantaranya sebagai berikut ini:

  • Tanaman Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya atau sering dikenal dengan (Aloe vera). Jenis tanaman ini sangat sering ditanam di area perumahan. Bahkan jenis tanaman ini dapat tumbuh pada area tidak terlalu besar.

Bisa juga ditanam di pot serta bisa juga ditanam secara langsung di halaman rumah. Tanaman lidah buaya sangat bermanfaat, yakni sebagai anti inflamasi. Bisa mengurangi iritasi, dapat melembapkan maupun memperbaiki jaringan yang rusak dalam tubuh manusia.

Kemudian lidah buaya juga bisa mengobati luka ringan pada area kulit. Caranya dengan mengupas daun lidah buaya kemudian langsung ditempelkan pada kulit luka atau kulit yang terkena panas. Bisa dilakukan secara berkala demi mendapatkan hasil maksimal.

  • Daun Sambiloto

Daun Sambiloto atau sering juga dikenal dengan bahasa ilmiahnya (Andrographis paniculata). Yakni merupakan tanaman perdu yang mudah tumbuh di area kecil atau tanpa lahan yang luas.

Tanaman ini juga sering dikenal dengan rasanya yang lumayan pahit. Pada intinya tanaman sambiloto memiliki khasiat sebagai anti radang, dapat menurunkan panas tubuh, bisa menghilangkan nyeri badan, sebagai penawar racun, maupun bisa menghilangkan bengkak pada area tubuh tertentu.

Manfaat lainnya dari daun sambiloto yakni dapat menawar racun maupun bisa mencegah luka infeksi. Diantaranya bisa digunakan saat terkena gigitan serangga. Caranya cukup mudah yakni dengan mengambil daun sambiloto secukupnya yang masih segar.

Kemudian ditumbuk sampai halus kemudian ditempelkan pada area yang terkena gigitan serangga. Lakukan hal tersebut secara berkala sampai bengkak akibat gigitan serangga menjadi reda.

  • Daun Sirih

Daun Sirih atau (Piper betle L) sebenarnya merupakan tanaman merambat yang berkhasiat cukup banyak. Bahkan berguna untuk mengobati berbagai macam gejala penyakit.  

Baca Juga :  Mengenal Berbagai Macam Ilmu Zoologi Di Berbagai Macam Bidang

Diantaranya bisa dijadikan sebagai antiseptik, anti jamur, dapat mengurangi peradangan, menghentikan batuk yang berlebihan, bahkan bisa menghilangkan gatal maupun karminatif.

Hal lainnya yang bisa didapatkan dari daun sirih yakni dapat mengobati batuk berlebihan, mengobati keputihan, mimisan, bau badan yang terlalu berlebihan, bahkan bisa mengurangi jerawat.

Ketika anak sedang mengalami mimisan. Hal yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan daun sirih untuk meredakan mimisan tersebut.

Ketahui bila daun sirih bisa digunakan sebagai pertolongan pertama pada mimisan yang sedang terjadi. Caranya cukup mudah yakni dengan menggulung 1 daun sirih yang sudah dibersihkan terlebih dahulu.

Kemudian langsung gulung dan sumpal daun sirih pada lubang hidung anak yang sedang mengalami mimisan. Lakukan hal tersebut sampai mimisan sudah mereda. Alangkah lebih baik mengganti daun sirih secara berkala agar bisa mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.

  • Daun Saga

Daun saga atau lebih dikenal dengan (Abrus precatorius L). merupakan sebuah tanaman perdu yang dapat merambat. Daun ini cukup kecil dengan bentuk bulat dan tumbuh dengan banyak tangkai. Kemudian tanaman tersebut juga memiliki biji yang berwarna merah serta dengan ukuran cukup kecil.

Daun saga juga dapat menurunkan panas badan. Kemudian bisa meredakan radang, serta peluruh kemih. Daun saga juga bisa digunakan untuk obat bronchitis, mengobati sariawan, meredakan panas dalam, serta bisa mengurangi sakit tenggorokan.

Apabila sedang mengalami luka pada bagian bibir, tanaman daun saga bisa dijadikan sebagai pertolongan pertama. Cukup mengambil daun saga secukupnya. Pastikan daun tersebut sudah dalam keadaan bersih lalu ditumbuk.

Tumbuk daun saga hingga halus kemudian langsung  letakkan pada bagian bibir yang luka. Ganti daun saga secara berkala terutama ketika sudah dalam keadaan yang akan mengering.

  • Daun Bunga Matahari

Daun bunga matahari sebenarnya juga merupakan tanaman yang memiliki khasiat. Bahkan sering ditanam di lingkungan perumahan. Bunga matahari memiliki yang warna kuning serta bentuknya yang begitu indah. Maka tidak heran sering digunakan untuk mempercantik ruangan rumah.

Bunga matahari memiliki manfaat yakni bisa memerangi osteoporosis dan keram pada bagian otot. Kemudian juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit, dapat mencegah penyakit diabetes.

Biji bunga matahari mengandung minyak yang mana dengan kandungan yang baik yakni bisa sebagai anti inflamasi maupun kaya akan kandungan omega 6.

Baca Juga :  Peran Penting Ilmu Fisika Dalam Dunia Medis
  • Daun Bunga Kertas

Daun bunga kertas merupakan tumbuhan dengan memiliki bentuk yang cukup indah. Serta dengan warna yang sangat beragam. Kemudian bunga ini juga cukup mudah dibudidayakan.

Bunga kertas dapat mempercantik lingkungan rumah atau bisa diletakkan pada pot bunga agar bisa diletakkan di sebuah ruangan rumah. Hal lain yang tidak kalah penting yakni bunga kertas ini bisa mengatasi datang bulan yang kurang teratur, mengatasi keputihan, mengatasi hepatitis, gatal-gatal, serta berguna sebagai obat kulit.

  • Daun Bunga Melati

Daun bunga melati sebagai tanaman dengan memiliki aroma harum semerbak yang sangat khas. Daun bunga melati ini juga merupakan jenis tanaman perdu yang basah.

Bentuk bunga daun melati yang cukup indah. Bahkan wangi bunga tersebut yang semerbak menambah kesegaran pada lingkungan rumah. Selain itu bunga melati juga bisa  sebagai obat jerawat, dapat mencegah penuaan dini, bisa menghaluskan kulit, menurunkan demam, dapat mengobati sesak napas, maupun mengurangi produk ASI berlebihan.

  • Daun Bunga Mawar

Daun bunga mawar sama halnya dengan daun bunga kertas. Bunga mawar sendiri memiliki warna yang berbeda-beda. Kemudian wangi maupun bentuknya yang cukup khas, bisa memperindah suasana dalam rumah. Terlebih bila diletakkan dalam pot dengan ukuran yang sesuai.

Bunga mawar memiliki khasiat bisa menurunkan berat badan. Kemudian dapat mengurangi stress maupun depresi. Bunga mawar juga memiliki kandungan antioksidan serta senyawa antibakteri.

  • Daun Kamboja Merah

Bunga kamboja merah juga memiliki khasiat yang tidak kalah dengan jenis bunga lainnya. bahkan wangi cukup khas. Memiliki warna merah, kemudian berlapis lilin, serta bisa berbunga sepanjang tahun.

Bunga kamboja sebenarnya juga merupakan tanaman tahunan yang berbatang yang cukup kuat. Bunga kamboja merah juga bisa bermanfaat untuk mengobati kencing nanah, mengobati penyakit borok.

  • Daun Kaca Piring

Daun Kaca piring juga merupakan tanaman semak yang tinggi. Bahkan bisa mencapai tinggi hingga 3 meter. Kemudian tanaman tersebut bisa tumbuh subur pada daerah yang tinggi.

Sering juga dikenal sebagai bunga yang indah serta dapat mempercantik lingkungan rumah. Selain itu, bunga tersebut juga dapat membantu mengatasi diabetes mellitus (DM), mengatasi susah air besar (BAB), serta bisa mengobati demam.

Itulah beberapa tanaman dengan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Ada banyak lagi tanaman lainnya yang memiliki manfaat atau khasiat besar. Lebih lengkapnya akan di kesempatan yang berbeda akan dibuat artikel lainnya.