6 KELEBIHAN MOBIL LISTRIK

Halo sahabat Sains dan Teknologi

Mungkin kamu heran kenapa akhir-akhir ini mobil listrik semakin ramai dibicarakan. Penyebabnya, selain karena alasan gaya-gayaan, mobil listrik memang memberikan manfaat yang lebih banyak dari pada mobil yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM).

 

Baca Juga: SELAMAT DATANG DI ERA MOBIL LISTRIK

 

Di bawah ini adalah 6 kelebihan mobil listrik dibandingkan mobil BBM:

PERAWATAN

Biaya perawatan dan bahan bakar mobil listrik relatif lebih murah dari pada mobil BBM. Bagian-bagian motor penggerak mobil listrik tidak se-ribet mobil BBM. Tidak banyak komponen bergerak di dalamnya. Artinya, usaha untuk memelihara mesin akan semakin minim. Pengguna tidak perlu repot-repot ganti minyak mesin dan minyak perseneling. Paling yang rutin diganti hanya rem dan ban mobil. Sedangkan untuk baterainya sendiri, pabrikan mobil biasanya menyediakan garansi beberapa tahun. Jika pun baterai harus diganti, kita paling akan menggantinya 15 tahun setelah pembelian.

Akan tetapi, perlu dicatat bahwa biaya perawatan tersebut harus dialihkan ke tagihan listrik untuk mengisi ulang. Nah, tarif listrik juga bervariasi di masing-masing daerah dan di berbagai negara.

BAIK UNTUK LINGKUNGAN

Kendaraan adalah salah satu sumber polusi utama dunia. Mobil listrik sama sekali tidak menghasilkan gas buangan saat dikendarai sehingga tidak menambah polusi di jalanan.

Akan tetapi perlu dicatat bahwa listrik yang dipakai untuk mengisi ulan baterai mobil listrik berasal dari pembangkit listrik. Jika sumber listrik utama suatu negara adalah batu bara, maka dampak lingkungan mobil listrik jadi hilang karena dengan meningkatnya jumlah pengguna mobil listrik berarti juga akan meningkatkan konsumsi listrik. Jadi, asalkan sebuah negara telah memiliki banyak pembangkit listrik yang ramah lingkungan, maka mobil listrik akan berdampak pada kebaikan Bumi.

DAPAT MENGHEMAT WAKTU

Teknologi mobil listrik kian hari semakin efisien dengan jarak tempuh yang semakin jauh untuk setiap satu kali  pengisian. Jadi, kamu hanya perlu mengisi baterai sepanjang malam di rumah, lalu kendarai di pagi hari. Jika di kantor atau kampus sudah disediakan parkir khusus mobil listrik, kita juga dapat mengisi baterainya di sana. Tidak perlu lagi buang-buang waktu antri di pom bensin untuk mengisi BBM.

ELECTRIC VEHICLE (EV) ADALAH SARANA TRANSPORTASI UTAMA DI MASA DEPAN

Mobil BBM sangat merusak lingkungan karena pembakarannya tidak sempurna. Jadi, sudah sewajarnya manusia mencari solusi transportasi baru yang tidak mengeluarkan emisi karbon. Salah satu solusinya adalah kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV). 

Mobil listrik adalah salah satu jenis EV dan merupakan kendaraan masa depan yang sudah hadir saat ini. Oleh karena itu, mengendarai mobil listrik sama artinya ikut menciptakan masa depan untuk generasi yanglebih baik. Di masa depan nanti, hanya orang-orang kuno yang masih akan memakai mobil BBM.

 

Baca Juga: SIAPKAH INDONESIA DENGAN KEHADIRAN MOBIL LISTRIK?

 

LOW NOISE

Noise adalah salah satu jenis polusi suara yang sangat mengganggu kenyamanan dan menurunkan kualitas hidup. Bayangkan orang-orang yang hidupnya dekat dengan jalan raya. Suara kendaraan dari jalan dapat membangun stress sedikit demi sedikit di dalam diri orang-orang yang hidup di sana. Itu lah salah satu penyebab kenapa muncul stigma kalau “orang jalanan” hidupnya keras; yaitu karena sering terpapar polusi suara.

Mesin mobil listrik berbeda dengan mobil BBM yang mengandalkan pembakaran. Hasil pembakaran itu seperti bom yang terus-terusan meledak di dalam mesin. Tenaga dari ledakan itu lah yang menggerakkan mobil BBM. DAN, Ledakan itu berisik. 

Mobil listrik adalah kendaraan yang suaranya sangat pelan. Bahkan saat berjalan pelan, mobil listrik hampir tidak bersuara. Jika seluruh kendaraan di jalanan saat ini menggunakan motor listrik, bayangkan seberapa banyak polusi suara yang dikurangi. Serta, seberapa banyak kualitas hidup manusia yang dapat ditingkatnkannya.

BAGASI YANG LEBIH LUAS

Mesin mobil BBM ukurannya terlalu besar dan memakan banyak tempat di dalam mobil. Berbeda dengan mobil listrik yang mesinnya hanya mengambil tempat di lantai mobil dan sedikit di bagian belakang. Dengan membuat mobil listrik yang desainya mirip dengan mobil BBM saat ini, kita dapat menggunakan ruang yang seharusnya ditempati mesin menjadi bagasi,