Kenapa Bisa Terjadi Kabut Asap? Bagaimana Kita?

Kabut Asap – Hal ini memang bukan kejadian yang baru lagi saat ini. Secara khusus kabut asap paling sering dialami Indonesia. Beberapa hari lalu Indonesia kembali mengalami polusi asap. Polusi ini bukan hanya berasal dari asap kendaraan saja, melainkan terjadi karena adanya kebakaran hutan di beberapa wilayah Indonesia.

Kabut asap yang terjadi karena kebakaran hutan sebenarnya merupakan kesalahan manusia. Namun kebakaran hutan yang terjadi bisa saja dilakukan dengan sengaja maupun tidak sengaja. Serta bisa dilakukan oleh penduduk yang berdekatan dengan kebakaran atau bisa dilakukan penduduk yang jauh dari daerah tersebut.

Ada banyak yang bisa menyebabkan kebakaran hutan. Bisa dikarenakan kesengajaan atau hal yang tidak sengaja dilakukan. Namun tetap saja kedua hal tersebut merupakan kecerobohan dari manusia.

Alasannya karena tidak selalu berhati-hati menjaga wilayah yang sedang mengalami kekeringan, atau wilayah yang terlalu rimbun dengan rerumputan kering. Hal tersebut jelas bisa memicu kebakaran misalnya saja dari percikan api kecil.

 

Kebakaran Yang Terjadi Di Hutan Bisa Disebabkan Beberapa Hal Berikut Ini, Diantaranya Yakni:

  • Disebabkan percikan api kecil, misalnya yang berasal dari api rokok. Kemungkinan yang dibuang dengan asal saja. Contohnya yang dibuang sebelum apinya belum benar-benar belum padam namun langsung dibuang begitu saja pada tempat yang kering. Hal tersebut tentunya bisa membuat kebakaran. Mulai dari kebakaran kecil hingga menyebabkan kebakaran yang besar.
  • Penyebab lainnya bisa saja terjadi karena adanya sabotase. Hal ini biasanya dilakukan dengan sengaja. Bisa saja dengan unsur kurang senang, dendam, atau memang memiliki tujuan lainnya yang jelas tujuan yang kurang baik.
  • Kebakaran yang terjadi juga bisa disebabkan karena awalnya dari pembakaran lahan pertanian. Misalnya saja terdapat beberapa api yang terbang pada wilayah kering lainnya. Jelas hal tersebut bisa memicu timbulnya api.

Beberapa hal di atas sebenarnya bisa saja dicegah, yang mana tidak menimbulkan kebakaran hutan yang besar lagi nantinya. Hanya saja memang memerlukan ketelitian, kemudian harus dimulai dari diri sendiri dulu baru nantinya diterapkan oleh orang lain juga.

Ketika sudah terjadi kebakaran yang besar, jelas akan menimbulkan kabut asap. Kabut tersebut bukan hanya dirasakan pada wilayah yang terbakar saja, melainkan bisa terjadi di beberapa daerah lainnya. Dikarenakan hal tersebut dibawa oleh angin.

Baca Juga :  Mengenal Berbagai Macam Ilmu Zoologi Di Berbagai Macam Bidang

Kabut asap yang tebal jelas memiliki dampak yang kurang baik. Entah itu sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari sampai dengan menimbulkan permasalahan pada kesehatan tubuh.

Kerugian Yang Akan Terjadi Bila Timbul Kabut Asap Di Suatu Wilayah, Diantaranya Sebagai Berikut:

  • Secara otomatis akan berpengaruh kurang baik pada aktivitas sehari-hari. Akan kesulitan menjalankan aktivitas secara maksimal. Bahkan tidak jarang juga kalangan masyarakat kesulitan melihat dengan jarak pandang jauh bila memang asap yang timbul dengan persentase cukup tinggi.
  • Hal lainnya yang bisa terjadi karena kabut asap yakni permasalahan pada transportasi. Kejadian ini paling sering terjadi, yang mana tidak sedikit transportasi berhenti beroperasi dikarenakan jarak pandang cukup pendek. Bila terus dilakukan maka bisa menimbulkan efek yang bahaya lagi, misalnya saja dapat meningkatkan angka kecelakaan.
  • Kabut asap yang terjadi juga bisa mempengaruhi perekonomian secara tidak langsung. Hal ini biasanya terjadi karena penduduk sekitar kesulitan mendapatkan segala sesuatu dengan cepat. Mungkin biasanya bisa diakses dengan cepat namun hal tersebut tidak bisa dilakukan bila memang asap tebal. Maka jangan heran bila akan ada beberapa pekerjaan atau tempat berjualan tutup pada saat kabut asap. Hal ini nantinya berdampak pada perekonomian kurang stabil.

Pada dasarnya ada banyak kerugian yang bisa terjadi karena disebabkan oleh kabut asap. Bahkan banyak hal yang tidak terduga bisa terjadi ketika kabut asap yang terjadi cukup parah.

Bagaimana Keadaan Manusia Ketika Kabut Asap Terjadi? Berikut Ini Penjelasannya.

Selain menimbulkan efek negatif pada transportasi, perekonomian dan hal lainnya, yakni seperti penjelasan di atas. Dampak lainnya yang terjadi pada manusia bila terjadi kabut asap ialah sebagai berikut ini:

  • Dampak yang sudah pasti akan dialami manusia akibat dari kabut asap yakni akan mengalami gangguan pada kesehatan. Ada banyak gangguan kesehatan yang bisa terjadi misalnya saja permasalahan pada pernapasan, pencernaan, dan masih banyak lagi hal lainnya.

Secara keseluruhan kesehatan bisa terpengaruh kurang baik karena kabut asap. Asap yang begitu tebal maka secara langsung akan dihirup yang kemudian masuk dalam organ tubuh, namun hal tersebut belum tentu baik untuk kesehatan.

 

Asap yang terhirup memang berbahaya bila masuk dalam tubuh. Terlebih yang menghirup seseorang yang memiliki riwayat kesehatan kurang baik sebelumnya, maka secara otomatis akan membuat penyakit tersebut menjadi lebih parah.

Baca Juga :  Peran Penting Ilmu Fisika Dalam Dunia Medis

 

Tetapi sekalipun sebelumnya tidak memiliki riwayat sakit, tetap saja berbahaya bila menghirup asap yang kurang sehat terlebih yang disebabkan oleh kebakaran hutan. Ada banyak kandungan virus dalam asap bila diteliti bahkan hal ini juga disampaikan oleh tim medis.

Lantas Bagaimana Cara Mengurangi Risiko Bahaya Asap Bagi Kesehatan Tubuh Manusia? Berikut Ini Hal Yang Bisa Dilakukan:

  • Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak negatif ketika menghirup asap kabut yakni dengan mengenakan masker. Masker sangat penting digunakan ketika terjadi kabut asap, terutama bila melakukan aktivitas diluar rumah. Namun lebih baik lagi bila sedang terjadi asap kabut, maka tidak terlalu sering melakukan aktivitas di luar rumah. Dengan cara ini lebih baik lagi untuk kesehatan.

 

  • Selanjutnya yang perlu dilakukan guna terus mendapatkan kesehatan yang baik ketika terjadi kabut asap, yakni dengan memperhatikan pola makan maupun pola minum. Ketika asap sudah terhirup, secara tidak sadar akan membuat dampak yang kurang baik dalam tubuh. Maka dari itu ada baiknya mengkonsumsi makanan yang bervitamin serta minuman yang mengandung vitamin juga.

 

Dengan menerapkan pola hidup sehat pada saat terjadi kabut asap, maka bisa tetap menjaga tubuh agar tetap fit dan tidak mudah mengalami gangguan kesehatan lainnya. Hal penting lainnya yang tidak kalah penting harus dilakukan ketika terjadi kabut asap, yakni tetap mengkonsumsi air putih dengan porsi yang sesuai atau disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

 

Air putih mampu memberikan dampak baik dalam tubuh, terlebih lagi berguna membuat tubuh tetap terjaga sehat dan bisa mengurangi pengaruh virus yang masuk dalam tubuh melalui asap.

Ketika sudah mengetahui begitu bahayanya dampak dari kabut asap. Yakni mempengaruhi berbagai aspek sampai pada aspek kesehatan. Maka dari itu ada baiknya memperhatikan kesehatan dengan benar.

Terlebih lagi bisa berusaha sama-sama melakukan pencegahan guna tidak terjadi kebakaran terus menerus, yang nantinya berdampak kurang baik pada beberapa hal. Mulailah tindakan dari diri sendiri baru kemudian diterapkan secara bersama-sama.