LAPTOP KHUSUS PENULIS

Halo sahabat Sains dan Teknologi

Menulis adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan bagi kita yang hobi. Baik itu menulis cerita pendek, novel, artikel, atau sekedar blog yang berisi curhatan, kita dapat duduk berjam-jam di depan komputer untuk menuangkan ide yang ada ke dalam kepala menjadi sebuah karya tulis.

Namun, ketika kamu menjadikan “menulis” sebagai sebuah karir, maka proses yang menyenangkan tersebut rasanya sudah tidak ada lagi karena menulis sekarang telah berubah menjadi sebuah kewajiban dan tanggung jawab yang harus dipenuhi; bukan hanya sekedar untuk mengisi waktu luang.

Semua penulis profesional telah merasakan ketika menulis menjadi beban. Seorang penulis wajib hukumnya untuk tetap menulis. Akan tetapi, kadang ada saja dinding yang menghalang-halangi agar kata-kata tersebut dapat dituangkan. 

Fenomena di atas namanya adalah writer’s block. Banyak hal yang dapat menyebabkan hadirnya writer’s block pada seorang penulis, salah satunya adalah lingkungan atau tempat untuk menulis yang dipenuhi berbagai gangguan. Cara agar dapat produktif menulis adalah dengan menghilangkan gangguan tersebut, tapi bagaimana caranya?

Sebelumnya, kita harus mengenali dulu jenis gangguan yang dialami. Jika jenis pengganggu adalah teman atau keluarga, berarti kita harus mencari tempat yang tenang dan jauh dari mereka. Namun, sebenarnya, gangguan yang paling parah datang dari laptop atau komputer yang digunakan untuk menulis. 

Ketika menulis dengan laptop atau komputer yang terkoneksi internet, ada saja hal-hal yang membuat kita tidak jadi menulis. Waktu yang seharusnya digunakan untuk menulis tersebut malah digunakan untuk menonton video youtube, browsing sosial media, melakukan “riset” yang tidak perlu, cek email, dan sebagainya. Solusi yang paling dasar untuk gangguan jenis ini adalah disiplin diri yang kuat. Akan tetapi, menulis berbeda dengan pekerjaan lain. Seorang penulis lebih banyak menghabiskan waktu dengan dirinya sendiri dan ketika berada jauh dari orang lain, hampir semua manusia cenderung mudah tergoda untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Sepertinya itu sudah menjadi bawaan manusia untuk tidak disiplin.

Salah satu cara untuk melatih kedisiplinan adalah dengan dipaksa. Seorang penulis harus dipaksa berada pada kondisi dimana dia tidak dapat mengakses internet dan tidak bisa mengakses aplikasi lain (seperti games) selain aplikasi untuk menulis. Alat yang dapat membantu proses ini adalah laptop khusus untuk penulis yang bernama Freewrite Traveler.

 

Ide dasar laptop khusus penulis rancangan Astrohous ini adalah untuk menyediakan alat bagi penulis untuk tetap menulis dimanapun dan kapanpun dengan mengeliminasi godaan dari internet, browser dan aplikasi lain. Trik yang digunakan adalah dengan membuat laptop hitam putih yang  hanya khusus untuk mengetik. Tidak ada aplikasi lain selain aplikasi pengolah kata.

Selain dirancangn untuk menghindarkan penulis dari gangguan aplikasi-aplikasi tak penting, Freewrite Traveler juga  memiliki kelebihan lainnya, yaitu:

 

Kelebihan Freewrite Traveler

Baterai yang Tahan Lama

Mengetik menggunakan Freewrite Traveler rasanya seperti menulis manual. Dalam sekali pengisian, baterainya mampu bertahan selama 30 jam jika digunakan terus menerus, atau dapat bertahan hingga 1 bulan jika hanya digunakan 1 jam per hari. Jadi, bagi kamu yang hobi menulis di luar ruangan, tidak perlu takut kehabisan baterai atau harus mencari-cari colokan karena laptop lowbat.

Monitor dengan Tinta Elektronik (E Ink)

Tinta elektronik adalah sebuah jenis layar monitor yang hemat energi. Awalnya diciptakan oleh lulusan MIT di tahun 1997. Kelebihan tinta elektronik adalah mata tidak cepat lelah karena menatap “lampu” dari layar monitor biasa. Tintan elektronik menggunakan cahaya disekitarnya untuk menampilkan teks di layar sehingga tidak akan silau ketika digunakan di luar ruangan.  

Full Keyboard Mekanik

Salah satu komponen terpenting agar dapat mengetik dengan cepat, akurat, dan nyaman adalah keyboard. Rasa yang didapat ketika mengetik pada keyboard mekanik sangat berbeda dengan keyboard membran yang biasa ada di laptop.

Freewrite Traveler menggunakan keyboard mekanik dengan switch Cherry MX brown buatan Jerman yang telah dikenal kualitasnya. Jadi tidak alasan lagi untuk mengatakan kamu malas menulis karena keyboard yang digunakan tidak nyaman.

Markdown Support

Markdown adalah syntax yang digunakan untuk memformat teks pada suatu aplikasi. Kamu dapat mempelajarinya lebih lanjut di [sini]

Integrasi dengan Cloud Storage

Saat Freewrite Traveler tersambung terkoneksi dengan internet, maka softwarenya akan langsung mem-back up hasil tulisan ke dropbox, evernote, atau google drive. Kamu tidak perlu khawatir kehilangan data.

Ringan

Bobot Freewrite Traveler tidak sampai 1 kg; tidak akan membebanimu untuk membawanya setiap hari di dalam tas.

Memory Internal sampai 1 Juta halaman.

Apa pun proyek tulisanmu, kamu tidak perlu takut kehabisan halaman untuk mengetik.

 

Jika kamu ingin menulis tanpa gangguan, maka Freewrite Traveler ini mungkin cocok untuk menjadi gadget pilihanmu. Astrohous menjamin produktifitas menulismu akan meningkat tajam dan kamu dapat menghasilkan karya tulis dengan lebih cepat.

Sayangnya, Freewrite Traveler saat ini masih berada  dalam proses crowd funding di indiegogo. Jika kamu benar-benar ingin memilikinya, kunjungi link tersebut. Freewrite Traveler direncanakan akan mulai dikirim pada para Backers di bulan Juni 2019 nanti. Harga terendah yang ditawarkan adalah $229; dan saat sudah rilis kemungkinan harganya akan tetap di $599.