Manfaat Yang Didapatkan Bila Menanam Pohon Di Lingkungan Sekolah

Sekolah memang menjadi tempat yang digunakan untuk mendapatkan ilmu. Bahkan dikenal sejak lama oleh kalangan masyarakat. Maupun masih digunakan masyarakat sampai saat ini secara khusus di Indonesia.

Maka dari itu bila lingkungan yang baik sangat diperlukan. Terlebih untuk mendukung proses belajar. Yakni agar proses belajar berjalan dengan lancar maupun bisa lebih kondusif. Bukan hanya lingkungan yang sosial baik yang dibutuhkan proses belajar.

Tetapi diperlukan juga lingkungan di sekitar sekolah yang sangat nyaman bahkan bisa menyegarkan ketika terjadi proses mengajar dan belajar.

Lingkungan sekolah yang nyaman sebenarnya bukan hanya menciptakan atau membuat suasana yang meriah. Tetapi perlu juga mendapatkan suhu yang sejuk. Diantaranya karena banyaknya tanaman atau pohon yang ada di sekitar lingkungan sekolah tersebut.

Tetapi lingkungan yang asri atau nyaman, biasanya juga menjadi salah satu hal yang mampu meningkatkan maupun  memberikan manfaat lain yang tidak kalah penting dari hal lainnya.

Misalnya saja bisa menumbuhkan minat belajar yang lebih besar lagi bagi semua siswa yang ada di dalam ruangan. Maupun lingkungan sekolah tersebut.

Melalui artikel ini nantinya akan dibahas lebih detail lagi mengenai manfaat bila menanam pohon di sekitar lingkungan sekolah. Maka dari itu akan lebih baik membaca artikel ini sampai selesai guna mendapatkan pemahaman yang lebih baik lagi nantinya.

Manfaat Menanam Pohon Di Sekitar Lingkungan Sekolah

  • Dapat memperindah lingkungan sekolah

Ketika ingin mempercantik lingkungan sekolah denga pepohonan sebenarnya tidak harus menggunakan ukuran yang besar. Namun cukup menggunakan jenis pohon yang kecil dengan jenis yang menarik.

Banyaknya jenis tanaman yang diletakkan pada lingkungan sekolah, hal tersebut jelas bisa membuat sekolah menjadi enak dilihat mata. Misalnya saja dengan memilih maupun menanam jenis tanaman bunga. Antara lain tanaman hias yang ditanam di dalam pot bunga.  Bisa juga ditanam di taman sekolah tersebut.

  • Dapat membuat lingkungan sekolah menjadi lebih teduh

Saat ada pepohonan yang tumbuh diantara lingkungan sekolah. Hal tersebut tentunya akan membuat lingkungan semakin sejuk maupun teduh. Bahkan bisa membuat lingkungan menjadi lebih rindang.

Maupun tidak menutup kemungkinan dapat memberikan manfaat penghijauan bagi lingkungan atau di sekitar sekolah tersebut. Terlebih lagi bila jenis pohon yang ditanam adalah jenis pohon peneduh. Dengan kata lain memiliki bentuk yang rindang dengan daun yang sangat padat.

Baca Juga :  Mengenal Berbagai Macam Ilmu Zoologi Di Berbagai Macam Bidang

Dari hal tersebut bisa diketahui betapa besar dampak yang didapatkan bila menanam pohon di sekitar lingkungan sekolah. Ada baiknya mulai menanam pohon di sekitar lingkungan sekolah saat ini. Terlebih dengan manfaat besar yang akan didapatkan.

  • Dapat menjadi objek maupun media belajar

Hal lainnya yang bisa didapatkan bila Pohon yang ditanam di lingkungan sekolah bisa dijadikan sebagai media belajar. Bahkan bisa dijadikan sebagai objek penelitian bagi semua siswa denga mata pelajaran tertentu.  

Diantaranya dengan pelajaran yang berkaitan maupun mempelajari struktur dari tumbuhan.

Bahkan bisa digunakan untuk mempelajari tumbuhan yang berkaitan dengan tanaman apotek hidup. Hal ini tentunya bisa memberikan kemudahan bagi siswa untuk memahami materi yang disampaikan. 

Pada dasarnya masih banyak pelajaran yang melibatkan tumbuhan dalam praktiknya. Dengan adanya tumbuhan di sekitar lingkungan sekolah memungkinkan melakukan praktik pelajaran lainnya dengan materi yang berbeda.

Hal ini tentunya bisa menghemat waktu karena harus mencari tumbuhan lainnya yang mungkin jauh dari lingkungan sekolah. Tetapi hal tersebut tidak akan terjadi karena sebelumnya sudah ada beberapa tanaman yang ada di lingkungan sekolah.

  • Dapat meningkatkan tingkat konsentrasi saat belajar

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan bila menanam pohon di lingkungan sekolah yakni bisa membantu proses belajar mengajar akan lebih kondusif. Maupun berguna untuk meningkatkan konsentrasi siswa yang sedang belajar.

Namun pohon yang ditanam tidak asal saja. Melainkan bisa berupa pohon peneduh. Berguna juga untuk mengurangi polusi. Maupun mampu meredam kebisingan yang mengganggu. Terutama yang dapat menyebabkan konsentrasi belajar hilang.

  • Dapat memberikan suplai oksigen lebih baik

Ketahuilah bila oksigen juga dihasilkan dari pepohonan. Ketika ada pohon di sekitar lingkungan sekolah, maka besar kemungkinan oksigen yang didapatkan lebih baik lagi. Terutama bisa dirasakan semua orang yang berada di dekat daerah tersebut.

Pada dasarnya kualitas udara yang lebih sejuk tidak mungkin didapatkan bila tidak terdapat pohon di sekitar lingkungan. Hal lainnya juga bisa membuat suhu menjadi lebih sejuk. Maka secara otomatis membuat semangat untuk beraktivitas lebih tinggi lagi nantinya. Pada saat inilah pikiran fokus bisa didapatkan semua siswa saat menerima pelajaran.

Baca Juga :  Peran Penting Ilmu Fisika Dalam Dunia Medis
  • Dapat menyegarkan tubuh maupun pikiran

Dari beberapa penelitian yang dilakukan. Bila lingkungan yang asri dan hijau dipercaya bisa menurunkan tingkat stress yang dialami seseorang dengan cepat maupun memiliki kemungkinan kecil mengalami hal yang sama.

Kegiatan sekolah yang padat bahkan dilakukan dengan jangka waktu yang panjang tentunya bisa membuat stress. Namun hal tersebut bisa berkurang dengan adanya pepohonan di lingkungan sekolah. Secara otomatis membuat tubuh dan pikiran lebih segar maupun tidak stress.

  • Dapat membuat suasana sekolah menjadi lebih nyaman

Penanaman pohon sebenarnya juga merupakan program penghijauan yang sangat direkomendasikan. Hal tersebut bisa saja dimulai dari lingkungan kecil, salah satunya lingkungan sekolah.

Selain menumbuhkan niat untuk melakukan program penghijauan. Hal tersebut juga bisa memberikan lingkungan sekolah yang nyaman untuk digunakan ketika beraktivitas. Bahkan bisa berdampak positif maupun bisa dirasakan langsung oleh guru, karyawan maupun siswa di sekolah.

Secara keseluruhan ada banyak manfaat menanam pohon di lingkungan sekolah. Bahkan bisa membuat udara menjadi lebih nyaman maupun sejuk. Hal tersebut juga menjadi pendukung tambahan untuk menjalankan proses belajar dan mengajar lebih efektif.

Guna mendapatkan lingkungan sekolah semakin bersih. maupun bermanfaat untuk masyarakat sekolah. Ada baiknya tetap diimbangi dengan hal lain diantaranya seperti pengelolaan sampah.

Bisa dimulai dengan kebersihan lingkungan dan kelas, dan bagian lainnya. Menerapkan hal ini bisa dilakukan secara bersama-sama dengan siswa yang ada di sekolah. Bisa juga dimulai dari seorang guru yang nantinya bisa di tiru siswa lainnya.

Lingkungan yang sejuk dan memiliki dampak positif bagi semua siswa yang ada di sekolah tidak akan bisa datang dengan sendirinya. Namun hal tersebut harus dilakukan perubahan yang mendasar. Diantaranya dengan membuat perubahan kecil, seperti pada beberapa poin yang sudah dijelaskan di atas.

Jangan pernah mendapatkan lingkungan yang nyaman bila memang tidak melakukan perawatan maupun perubahan yang signifikan. Bila berharap mendapatkan lingkungan yang nyaman tanpa melakukan hal apapun, sama saja berharap dengan sesuatu yang tidak pasti atau menanti hal yang tidak mungkin terjadi. Jelas karena tidak melakukan sebuah tindakan yang berarti. Baik itu berarti dalam jangka waktu pendek maupun jangka waktu yang panjang.