Masalah Kerusakan Lingkungan Di Seluruh Dunia Saat Ini

RATE :
5/5

Masalah Kerusakan Lingkungan – Masalah ini bukan terjadi saat ini, namun masalah kerusakan lingkungan sudah terjadi beberapa tahun sebelumnya. Masalah lingkungan bukanlah hanya berkaitan dengan rusaknya beberapa hutan.

Tetapi ada banyak jenis kerusakan lingkungan bahkan membuat dampak negatif pada kehidupan manusia. Baik itu yang ada di Indonesia sampai dengan di seluruh dunia.

Melihat dan sebagai contoh yang terdekat bisa dilihat terhadap kerusakan lingkungan yakni di Indonesia sendiri. Sudah menjadi rahasia umum bila negeri ini mengalami kerusakan lingkungan yang cukup besar. Baik itu kerusakan hutan, kerusakan perairan seperti laut sampai pada pencemaran lingkungan yang begitu banyaknya sampah.

Sampai saat ini banyak diskusi yang dilakukan secara umum, terutama yang berkaitan dengan kerusakan lingkungan. Beberapa waktu lalu diskusi sampai diberitakan beberapa media besar dengan topik pencemaran sampah. Salah satunya yang terjadi di  ibu kota saat ini yakni Jakarta.

Kerusakan Lingkungan Serta Penyebabnya

Ada banyak kerusakan lingkungan yang terjadi serta beberapa penyebab yang menimbulkan hal tersebut. Permasalahan kerusakan lingkungan ini juga terjadi di Indonesia.

Kerusakan yang terjadi bukan datang begitu saja, tetapi ada banyak penyebab yang menimbulkan kerusakan hingga parah bahkan menjadi bahan perbincangan.

Kerusakan yang terjadi pada lingkungan berarti berkaitan dengan daya dukung kehidupan manusia. Terutama yang berkaitan dengan alam. Baik dari segi udara, air, dan lainnya.

Kerusakan Lingkungan Yang Terjadi Saat Ini, Diantaranya Sebagai Berikut:

  1. Kerusakan Lingkungan Polusi

Kerusakan lingkungan yang terjadi di Indonesia saat ini salah satunya ialah polusi. Sampai saat ini bisa dilihat betapa besar dampak polusi yang terjadi di Indonesia. Bukan hanya di Jakarta saja tetapi sudah terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Polusi udara yang terjadi paling besarnya disebabkan oleh asap kendaraan maupun asap dari pabrik. Asap yang dihasilkan kendaraan bukan hanya menimbulkan kabut. Melainkan efek lainnya bisa menimbulkan gas serta adanya racun. Parahnya lagi akan mempengaruhi kesehatan manusia yang berada dekat dengan polusi yang sedang terjadi.

Mengatasi masalah polusi yang sudah terjadi saat ini memang bukan hal yang mudah. Terlebih bila dilihat besarnya kemajuan teknologi saat ini. Diantaranya sudah tidak bisa dibendung lagi perkembangan transportasi, baik itu dengan kendaraan roda empat sampai dengan kendaraan roda dua.

Baca Juga :  Peran Penting Ilmu Fisika Dalam Dunia Medis

Semakin besar perkembangan transportasi tersebut sama saja membuka peluang yang besar untuk terjadinya polusi terus menerus. Sampai saat ini memang belum ada solusi yang terbaik untuk mengatasi polusi terlebih yang disebabkan dari kendaraan tranpostasi.

  • Pencemaran Perubahan Iklim

Perubahan iklim yang baik itu memang berasal dari keadaan alam secara alami. Namun perubahan iklim yang menimbulkan hal negatif seperti pencemaran disebabkan karena aktivitas yang dilakukan.

Salah satu perubahan iklim yang terjadi saat ini yakni pemanasan global. Pemanasan global memang didasari karena aktivitas yang tidak seharusnya dilakukan manusia. Diantaranya melakukan penebangan hutan dengan jumlah besar. Ketika perubahan iklim atau pemanasan global sudah terjadi, jelas akan berdampak buruk pada beberapa aspek yang ada di lingkungan saat ini.

Sekalipun penebangan hutan dilakukan dengan alasan pembangunan, hal tersebut tetap saja menjadi sebuah permasalahan. Bisa dibayangkan berapa banyak ekosistem yang habis dari aktivitas tersebut. Misalnya punahnya populasi yang ada di hutan, kehilangan sumber oksigen dari pepohonan dan bisa saja menimbulkan longsor.

  • Menipisnya Sumber Daya Alam

Penggunaan minyak bumi setiap hari akan berdampak pada pemanasan global yakni perubahan iklim. Ketika terus dilakukan pengeboran dengan jarak yang dalam pada dasar bumi maka bisa saja mengakibatkan bencana alam. hal tersebut disebabkan terkikis beberapa lapisan yang ada di dalam dasar bumi.

Untuk saat ini mungkin belum merasakan dampak negatif yang terjadi, namun hal tersebut bisa saja terjadi pada tahun-tahun berikutnya.

  • Pencemaran Pembuangan Limbah

Kerusakan lingkungan saat ini salah satunya disebabkan pembuangan limbah dengan cara yang tidak baik. Limbah bisa saja berasal dari pabrik yang mana sering dibuang pada daerah atau tempat yang tidak seharusnya.

Tetapi limbah bukan hanya berasal dari pabrik. Saat ini juga banyak limbah yang berasal dari plastik, serta sampah lainnya. Biasanya sering kali dibuang pada aliran sungai. Bahkan sampai menutupi dari sungai yang menjadi tempat pembuangan sampah tersebut.

Ketika sampah dibuang tidak pada tempatnya, jelas hal tersebut bisa merusak ekosistem. Diantaranya yang berada di dasar sungai, laut dan perairan lainnya. Perlu diketahui sumber daya air memiliki manfaat besar bagi kehidupan manusia saat ini. Terutama bisa dijadikan tempat sebagai mencari mata pencaharian.

Baca Juga :  Mengenal Berbagai Macam Ilmu Zoologi Di Berbagai Macam Bidang
  • Pengasaman Laut

Pengasaman laut sebenarnya dampak dari produksi yang dilakukan secara berlebih terhadap gas karbon dioksida. (CO2). Sekitar 25% CO2 dihasilkan manusia. Ketahuilah keasaman laut mengalami peningkatan sekitar 250 tahun belakangan.

Menurut penelitian yang dilakukan para ahli,  peningkatan akan semakin besar lagi hingga mencapai 150% ke depannya. Penelitian yang dilakukan pernah ditulis melalui situs Global Change.

Bila penggunaan gas karbon dioksida digunakan lebih besar, jelas hal tersebut akan berdampak pada punahnya kerang serta sumber makanan ikan. Apabila populasi ikan punah jelas hal tersebut juga memiliki dampak buruk pada manusia. Hal tersebut dikarenakan ikan merupakan sumber vitamin yang diperlukan manusia saat ini.

  • Masalah Rekayasa Genetika

Hampir semua produk yang diperjual belikan saat ini dilakukan dengan cara rekayasa genetik. Diantaranya yang terjadi pada produk makanan, peternakan hingga pertanian. Pada makanan biasanya dilakukan bioteknologi yang sering disebut juga sebagai rekayasa genetika.

Rekayasa genetika yang dilakukan dengan besar jelas memiliki dampak negatif pada makanan tersebut. Diantaranya bisa menghasilkan racun serta memiliki peluang menimbulkan penyakit dalam tubuh manusia.

Semakin banyaknya penggunaan dari rekayasa genetik sama saja hal tersebut menjadi masalah yang sangat serius. Maka dari itu perlu dilakukan pencegahan yang lebih maksimal lagi hingga bisa menurunkan atau menghilangkan dampak negatif yang dihasilkan. Terlebih dampak negatif bagi kesehatan manusia saat ini.

Beberapa poin di atas hanya sebagian saja dari masalah lingkungan yang terjadi saat ini. Masih banyak lagi masalah lingkungan lainnya di sekitar masyarakat. Bahkan masih ada masalah kerusakan lingkungan yang cukup parah bila dibandingkan dengan beberapa poin yang sudah dijelaskan.

Intinya bila tidak dilakukan perbaikan dan diberikan solusi dari semua permasalahan di atas. Jelas ke depannya akan memiliki dampak yang lebih parah lagi bahkan bisa mengancam kehidupan semua ekosistem yang ada di muka bumi.

Solusi terbaik dan mendasar untuk mengatasi semua permasalahan di atas bukan dimulai dari kalangan besar dahulu. Namun lakukan perubahan dan buat solusi dimulai pada diri sendiri dahulu. Bila tidak ada yang bergerak dari diri sendiri maka sulit untuk mengurangi kerusakan yang sudah terjadi.