Observasi Perubahan Sosial Serta Globalisasi Bidang Teknologi Hiburan Dan Informasi

Perubahan Sosial dan Globalisasi di Bidang Teknologi

Istilah teknologi sebenarnya berasal dari kata “Techne” yaitu sama juga dengan arti “cara” dan “logos” yaitu “pengetahuan”. Jadi pengertian teknologi adalah merupakan sebuah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi suatu kebutuhan manusia dengan bantuan berupa akal dan alat. Kemudian juga sehingga seakan-akan memperpanjang, dapat memperkuat, atau membuat lebih ampuh beberapa anggota tubuh. Misalnya seperti pancaindra dan otak manusia.

Sebenarnya teknologi juga sudah ada sejak beberapa jutaan tahun yang lalu. Yakni guna untuk membantu kehidupan manusia di zaman dahulu. Namun masyarakat secara keseluruhan belum menyebutnya sebagai teknologi. Terutama dalam arti umum teknologi juga dapat disebutkan dengan sebagai sebuah sistem yang bekerja dengan hasil pemikiran.

Kemajuan teknologi pada dasarnya juga tidak bisa dihindari dalam kehidupan. Hal tersebut karena berkembangnya teknologi akan seimbang dengan kemajuan ilmu pengetahuan yang dimiliki. Dari setiap penemuan baru diciptakan memiliki banyak manfaat positif. Terutama bagi kehidupan manusia guna mendapat sesuatu lebih mudah. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat memberikan banyak manfaat bahkan dari berbagai macam penemuan yang telah ditemukan hingga ini.

Meskipun pada awalnya teknologi diciptakan agar memiliki dampak positif bagi masyarakat, namun di sisi lain teknologi ternyata juga memiliki dampak yang negatif. Berbagai dampak positif dan negatif pada dasarnya dapat terjadi akibat dari kemajuan teknologi, namun secara khusus masyarakat harus cerdas dalam menanggapi kemajuan teknologi. Sehingga tidak mudah terjebak dalam dampak negatif tersebut.

Perubahan Teknologi Informasi Serta Hiburan

Sejak dahulu teknologi juga sudah ada. Kemudian juga sudah menggunakan teknologi. Menggunakan teknologi karena manusia memiliki akal sehat pikiran. Perkembangan dari teknologi terjadi karena manusia menggunakan akalnya. Bahkan dengan pikirannya guna menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

Kemajuan teknologi berkembang dengan pesat yakni beriringan dengan berkembangnya masyarakat tradisional. Terutama menuju masyarakat yang lebih modern. Kemudian secara otomatis perkembangan tersebut juga menuntut masyarakat menuju pada arah globalisasi. Penyebab utama yang paling dominan dari semua permasalahan tersebut adalah pada beberapa aspek teknologi informasi.

Teknologi informasi selalu berkembang, mulai dari hal sederhana hingga yang pada bagian canggih. Hal ini juga terjadi karena setiap manusia membutuhkan informasi untuk menambah wawasan maupun pengetahuan yang dimiliki.

Baca Juga :  Peran Penting Ilmu Fisika Dalam Dunia Medis

Informasi ini juga menjadi hal yang sangat vital bagi kehidupan manusia saat ini. Tanpa adanya informasi, maka kehidupan akan tertinggal bahkan bisa mengalami perkembangan dan kemajuan.

Maka dari itu teknologi informasi berkembang dari waktu ke waktu seperti halnya yang terjadi di dusun Grasak. Di dusun tersebut informasi sangat diperlukan. Pada awalnya masyarakat dusun Grasak mendapatkan informasi dengan teknik bertukar informasi melalui media lisan.

Tetapi seiring perkembangan zaman, muncullah beberapa alat elektronik sebagai sumber informasi. Dari media lisan, masyarakat sering bertukar informasi antara satu dengan lainnya.

Baik yang dimulai dari masalah-masalah kecil hingga masalah yang benar-benar penting. Bahkan sering terjadi fitnah atas berita maupun masalah yang mereka bicarakan. Masyarakat masih sering melakukan gosip karena sudah menjadi kebiasaan bagi mereka.

Di samping pekerjaan rumah yang sudah terselesaikan, tidak heran kebanyakan sebagai ibu rumah tangga yakni yang tidak memiliki kesibukan. Sampai saat ini banyak masyarakat yang tidak hanya menjadi ibu rumah tangga, tetapi juga memiliki usaha lain. Yakni untuk memperbaiki perekonomian mereka. Terutama dengan tujuan mengurangi intensitas bergosip masyarakat.

Selain informasi yang bisa secara lisan, ada juga informasi yang didapatkan masyarakat melalui media elektronik. Media elektronik tersebut misalnya seperti televisi, radio, serta telepon genggam. Terutama saat ini hampir seluruh masyarakat memiliki alat-alat elektronik tersebut.

Melalui media tersebut masyarakat mendapatkan berbagai informasi serta mendapatkan wawasan baru. Terutama mengenai dunia luar, baik yang berkaitan dengan politik, sosial, pendidikan, kesehatan, sampai mengenai selebriti.

Masyarakat Grasak, zaman dahulu mendapatkan hiburan dari pagelaran budaya yang diadakan masyarakat sekitar sendiri. Misalnya seperti wayang orang, wayang kulit, ketoprak, karawitan, tayuban, maupun seperti orkes musik dangdut.

Dengan begitu, mereka tidak merasa jenuh ketika berada di rumah. Bahkan bisa bahagia karena bisa bermain serta mendapatkan banyak teman baru di lingkungan sekitar. Namun seiring berkembangnya teknologi, seperti muncul radio sebagai hiburan bagi masyarakat.

Setelah pembiayaan teknologi radio, muncul juga televisi sebagai hiburan masyarakat. Baik mulai dari televisi hitam putih, televisi putih, ukuran besar, kecil, sampai televisi LED.

Baca Juga :  Mengenal Berbagai Macam Ilmu Zoologi Di Berbagai Macam Bidang

Perkembangan lainnya seperti telepon genggam yakni yang memiliki aplikasi sebagai hiburan. Seperti contoh misalnya internet, permainan dan yang lainnya. Perkembangan teknologi hiburan sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

Bagi anak-anak yang lahir dari keluarga berada, dalam artian dengan ekonomi menengah ke atas, maka mereka cenderung menghibur diri dengan bermain alat elektronik seperti hand phone serta PlayStation (PS).

Di samping hal tersebut terdapat banyak dampak negatif yang timbul akibat perkembangan teknologi informasi serta hiburan.

Dampak positif dari kemajuan teknologi tersebut antara lain seperti berikut :

  1. Memudahkan masyarakat memperoleh informasi yakni yang mereka butuhkan
  2. Mempercepat penyebaran sebuah informasi pada masyarakat
  3. Waktu menjadi lebih efektif maupun lebih efisien
  4. Informasi serta hiburan yang dibutuhkan masyarakat terus berkembang serta inovatif
  5. Masyarakat juga mendapatkan hiburan
  6. Masyarakat dapat menciptakan hiburan yang diinginkan

Dampak positif dari kemajuan teknologi tersebut antara lain seperti berikut :

  1. Masyarakat Ketergantungan terhadap teknologi semakin tinggi
  2. Bagi pelajar, mereka bisa malas untuk belajar karena semua informasi yang diperlukan ada di internet
  3. Kurangnya interaksi antar sesama manusia atau orang sekitar
  4. Seniman lokal semakin tergeser. Yakni  dengan adanya hiburan instan pada kemajuan teknologi
  5. Sosialisasi yang semakin berkurang juga menimbulkan sikap antisosial pada masyarakat
  6. Berkurangnya rasa simpati maupun rasa empati antar sesama manusia

Perkembangan teknologi yang terjadi di segala bidang apapun itu, Sebenarnya untuk memudahkan segala aktivitas manusia. Termasuk juga pada bidang seperti teknologi informasi, yang mana informasi sangat dibutuhkan kalangan masyarakat.

Informasi juga merupakan sumber dari pengetahuan maupun wawasan yang dimiliki oleh manusia. Pada zaman modern ini semuanya serba instan, cepat serta tepat. Selain itu hiburan juga merupakan hal penting bagi kehidupan manusia.

Apabila manusia tidak memiliki hiburan, maka manusia bisa terkena stres. Terutama akibat rutinitas yang terus dijalankan. Maka dari itu hiburan merupakan alat untuk menyegarkan kembali otak maupun pikiran.

Kedua hal tersebut yakni merupakan kebutuhan manusia yang harus dipenuhi. Kita sebagai manusia yang memiliki akal dan budi pekerti, maka seharusnya bisa mensyukuri maupun memanfaatkan teknologi informasi dan hiburan guna hidup kita menuju arah yang lebih baik lagi. Mulai saat ini belajarlah bisa memanfaatkan teknologi lebih bijak lagi.