Peran Penting Ilmu Fisika Dalam Dunia Medis

Fisika Dalam Dunia Medis – Berbicara masalah ilmu fisika memang tidak akan ada habisnya. Pada awal mengenal fisika memang erat kaitannya dengan berbagai jenis rumus. Bahkan tidak sedikit yang merasa bingung ketika mengenal ilmu tersebut.

Kemudian kemungkinan sedikit yang bisa membayangkan bila ilmu fisika bisa berguna untuk beberapa hal. Terutama saat ini sudah digunakan dalam peralatan medis. Penerapan ilmu fisika dalam dunia medis memang berbeda pada hal lainnya.

Hal ini dikarenakan peralatan medis lebih mementingkan ketepatan terutama ketika ingin mendeteksi semua organ yang ada dalam tubuh manusia.

Peranan Penting Ilmu Fisika Dalam Dunia Medis Atau Dunia Kedokteran

Dalam dunia medis ilmu fisika lebih dikenal dengan sebutan Medical Physics. Yakni merupakan suatu ilmu dari penggabungan antara dua bidang kajian di dalamnya. Kajian tersebut biasanya dikenal dengan ilmu fisika serta ilmu kesehatan yang saling berkaitan.

Penggabungan dua kajian tersebut nantinya akan bertujuan untuk hal berikut:

  • Penerapan pertama dari ilmu fisika dalam dunia medis nantinya berfungsi untuk mengatasi beberapa penyakit yang ada di dalam tubuh manusia. Biasanya dikenal dengan physics of physiology.
  • Penerapan selanjutnya dengan tujuan melakukan pemeriksaan medis. Hal ini berkaitan dengan cara melakukan diagnose pada pasien yang menderita penyakit tertentu.
  • Electromyogram

Sistem kerja dari alat ini yakni dengan menempatkan dua elektrode atau sering juga dikenal dengan istilah sensor. Kemudian nantinya akan diletakkan pada kulit manusia selanjutnya akan dilakukan monitor untuk melihat yang ada dalam kulit tersebut.

Otot yang sering dilakukan tes atau digunakan praktisi biasanya pada bagian biofeedback. Yakni otot yang berkerut pada bagian dahi manusia. Sering juga diletakkan bagian rahang, trapezium atau otot bahu kaki saat mengalami stress.

Paling seringnya alat tersebut digunakan untuk melakukan rehabilitasi pada pasien penderita stroke. Biasanya juga digunakan pada bagian anggota badan yang tidak memiliki fungsi normal dalam artian tidak dapat digerakkan.

EMG (Electromyogram)mampu mendeteksi aktivitas listrik yang ada dalam tubuh manusia terlebih pada bagian otot. Ketika diberikan pancaran listrik dengan gelombang yang sudah diatur sebelumnya.

Secara tidak sadar beberapa saat akan membuat efek pada bagian otot sehingga membuat rangsangan agar otot kembali bekerja. Alat ini sering juga digunakan apabila otot mengalami ketegangan dikarenakan beberapa faktor. Maka dari itu dilakukan penyinaran dengan menggunakan Electromyogram.

  • Endoscopy

Alat ini juga menerapkan ilmu fisika di dalamnya. Sistem kerja alat ini juga bertujuan untuk melihat semua keadaan saluran cerna yang ada dalam tubuh manusia. Bahkan bisa mendeteksi semua kerja organ lainnya yang sudah dituju sebelumnya.

Hal yang akan didapatkan bila menggunakan endoscopy. Atau kualitas yang akan diberikan yakni sebagai berikut:

  • Mampu mendeteksi kelainan pada saluran cerna bahkan bisa dideteksi dari dini.
    • Bisa mengatasi penyakit tanpa dilakukannya operasi dengan kata lainnya di dunia medis yakni Non Surgery.
    • Bisa melakukan terapi langsung. Terutama dilakukan pada saluran cerna dalam tubuh manusia. Hal ini berguna untuk deteksi saluran cerna secara dini.
    • Endoscopy bisa membuat pemulihan lebih cepat bila dibandingkan tanpa menggunakan peralatan tersebut.
    • Bisa juga melakukan untuk memotong polip. Bisa menghentikan pendarahan, digunakan untuk memasang stent, dapat mengangkat tumor ganas,  membuang saluran batu empedu dalam tubuh.
  • CT-Scan

Alat ini sebenarnya sudah lama digunakan dalam dunia medis atau dunia kedokteran. Bahkan sistem kerja alat ini juga menerapkan ilmu fisika di dalamnya. CT-Scan ialah merupakan alat dengan Sinar-X yakni dengan gelombang elektromagnetik.

Sinar-x tersebut biasanya digunakan untuk mendeteksi organ yang ada dalam tubuh manusia berupa roentgen. Hal ini membuktikan betapa besar manfaat yang didapatkan dalam ilmu fisika dalam dunia medis. Bahkan masih digunakan sampai saat ini.

Hasil dari penerapan sinar-x ini nantinya akan menimbulkan gambar dalam bentuk 2 dimensi. Terutama yang menampilkan organ tubuh yang diperiksa sebelumnya. Hal tersebut sebelumnya sudah dilakukan konsep atenuasi berkas radiasi serta berinteraksi dengan materi.

Dari gambar yang dijadikan film sebelumnya, tim medis akan mendapatkan semua informasi yang berguna. Baik itu berguna untuk melakukan penanganan pada pasien yang diperiksa. Tanpa adanya pemeriksaan seperti ini bahkan tanpa menggunakan peralatan canggih, cukup sulit mengetahui hal buruk yang terjadi dalam organ tubuh manusia atau pasien.

Secara umum sinar-x ini sudah digunakan sejak lama bahkan sudah digunakan beberapa puluh tahun belakangan. Sejak penggunaan alat tersebut dari awal tetap menerapkan ilmu fisika di dalamnya.  

CT-Scan ini sendiri sebenarnya diperkenalkan oleh seorang ahli dan dikenal dengan Hounsfield. Tepatnya diperkenalkan pada tahun 1971. Penemuan yang dilakukan Hounsfield ini memang dikenal cukup luas bahkan merupakan sebuah revolusi besar yang pernah terjadi dan bermanfaat di dunia medis.

CT-Scan ini sampai saat ini juga menjadi peralatan yang sangat dibutuhkan. Bisa dikatakan tidak bisa lepas dari dunia medis bila dilihat dari besarnya manfaat yang diberikan alat tersebut.

Sekali lagi tanpa adanya alat tersebut sulit mendapatkan hasil pemeriksaan yang mendalam. Dalam artian sulit mendapatkan hasil pemeriksaan secara akurat terutama pada bagian dalam organ tubuh manusia.

Fisika medik sebenarnya merupakan ilmu yang berkaitan dengan energi fisika. Konsep serta metode yang dilakukan dalam diagnose berguna untuk mengetahui semua penyakit yang ada dalam tubuh manusia.

Tetapi saat ini diagnosa medis merupakan kerja kedokteran nuklir yakni lebih dominannya dengan terapi medis. Diagnosa medis tersebut biasanya distribusi radionuklida maupun radiofarmaka yakni menggunakan kamera gamma serta sistem komputer.

Di dalam kehidupan yang modern saat ini, radioterapi sudah banyak dimanfaatkan oleh negar-negara yang sudah maju. Termasuk juga sudah digunakan di Indonesia.

Dari penjelasan singkat di atas. Bisa dipastikan ilmu fisika bukan hanya berkaitan dengan rumus yang rumit saja. Melainkan ilmu fisika sudah merambah pada beberapa alat canggih. Terutama yang sudah dipergunakan dalam dunia medis.

Mungkin saat ini memang masih sedikit alat medis yang menggunakan ilmu fisika di dalamnya. Namun tidak menutup kemungkinan akan ada alat lainnya nanti akan diciptakan. Terutama yang bisa mendukung untuk dunia medis juga.

Bahkan tidak menutup kemungkinan juga bisa digunakan untuk mengetahui semua hal yang berkaitan dengan organ tubuh manusia lebih detail lagi.

Pada dasarnya hal tersebut merupakan perkembangan teknologi saat ini. Semakin banyak kebutuhan manusia maka semakin besar peluang akan diciptakan peralatan yang canggih juga. Bahkan tidak sedikit para peneliti yang akan memasukan teori lainnya dalam semua peralatan. Bahkan tidak terkecuali ilmu fisika yang akan terus dikembangkan dalam teknologi tersebut.

Secara keseluruhan ilmu fisika memiliki aspek penting dalam kehidupan manusia, tidak terlepas juga dalam dunia medis. Sering juga dikenal dengan fisika medik bagi dunia kedokteran.