Peran Penting Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia

Dilihat dari manfaatnya, memang tidak bisa di pungkiri lagi bila tumbuhan memiliki peran penting bagi kehidupan manusia sampai saat ini. Bahkan tanpa adanya tumbuhan di lingkungan bisa membuat kehidupan manusia bisa mendapatkan masalah.

Masalah tersebut bisa saja berupa kekurangan oksigen. Terutama hal tersebut secara keseluruhan dihasilkan oleh tumbuhan yang ada di sekitar lingkungan. Maka dari itu banyak saat ini dilakukan program penghijauan, yang mana melihat begitu besar pengaruh yang akan didapatkan dari tumbuhan yang bermacam-macam secara khusus untuk kehidupan manusia.

Dalam tulisan ini akan dibahas mengenai peran penting tumbuhan bagi kehidupan manusia. Maka dari itu alangkah baiknya membaca tulisan ini hingga selesai bila memang ingin mengetahui lebih dalam lagi berkaitan dengan tumbuhan. Terutama manfaat yang diberikan.

Tumbuhan Bermanfaat Sebagai Pembersih Udara

Pada dasarnya tumbuhan memiliki manfaat yang mana bisa menyerap gas karbon dioksida. Bahkan mampu menyerap semua polusi yang ada di udara. Baik itu polusi dari kendaraan transportasi sampai pada polusi yang dihasilkan oleh pabrik dan polusi lainnya. Dengan adanya tumbuhan, yakni berupa pohon. Hal tersebut sangat berguna bagi kehidupan manusia sampai saat ini. Bisa dibayangkan bila tidak ada pepohonan di dunia. Pasti akan mengalami suhu panas yang berlebihan bahkan akan terpapar dengan polusi secara langsung. Dikarenakan tidak ada penyaringan yang dilakukan pepohonan.

Tumbuhan Mampu Menyejukkan Udara

Selain menjadi pembersih untuk udara. Tumbuhan yang mengandung pohon juga bermanfaat untuk menyejukkan udara yang ada di sekitar. Akan ada perbedaan yang signifikan antara wilayah yang memiliki pepohonan dengan wilayah tanpa pepohonan.

Ketika suatu wilayah memiliki pepohonan yang banyak, sudah pasti memiliki udara yang sejuk. Namun hal tersebut tidak akan bisa didapatkan pada wilayah yang tidak memiliki pepohonan. Jelas suhu yang dirasakan akan sangat panas.

Hal tersebut tidak lepas juga dari ketersediaan oksigen yang lebih baik lagi untuk dihirup semua kalangan masyarakat. Maka dari itu tidak heran saat ini banyak program yang dijalankan di bagian penanaman pepohonan guna memberikan oksigen semakin baik bagi daerah tertentu.

Sebagai Sumber Pangan Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari tumbuhan ialah sebagai sumber pangan kehidupan manusia maupun hewan. Tumbuhan bisa menjadi sumber dari karbohidrat, protein dan kandungan vitamin lainnya yang bermanfaat untuk tubuh manusia.

Secara keseluruhan banyak makanan yang berasal dari tumbuhan yang mana dengan kandungan gizi yang sangat tinggi. Bahkan masih dikonsumsi kalangan masyarakat hingga kini. misalnya saja tumbuhan yang menghasilkan buah dan lainnya.

Tetapi perlu diketahui juga tidak semua jenis tumbuhan sebagai sumber pangan. Ada kalanya tumbuhan hanya berfungsi sebagai pepohonan biasa yakni menghasilkan oksigen.

Namun ada juga tumbuhan yang bisa menghasilkan bahan pangan sampai saat ini. Misalnya seperti pepohonan apel, dan pepohonan buah dengan kandungan vitamin tinggi.

 

Tumbuhan Bisa Dijadikan Sebagai Bahan Material Bangunan

Hal lainnya yang bisa didapatkan dari tumbuhan. Yakni seperti pepohonan ialah sebagai bahan material bangunan. Sampai saat ini masih banyak kalangan masyarakat yang memanfaatkan pepohonan sebagai bahan material bangunan.

Misalnya digunakan sebagai fondasi dari rumah, dijadikan papan, lemari, dan produk perabotan rumah tangga atau kebutuhan bangunan lainnya.

Maka tidak heran juga banyak perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan pepohonan. Kemudian diambil bahan yang berbeda dengan manfaat masing-masing yang bisa digunakan masyarakat.

Tumbuhan Juga Bisa Dijadikan Hiasan

Hal lainnya yang bisa didapatkan dari tumbuhan yakni dijadikan sebagai hiasan. Namun perlu diperhatikan bila tidak semua tumbuhan bisa dijadikan hiasan. Terutama harus dipilih sesuai ukuran.

Misalnya tumbuhan akan diletakkan dalam rumah, maka harus menggunakan tumbuhan yang berukuran tidak terlalu besar. Dalam artian disesuaikan dengan ukuran ruangan rumah masing-masing.

Ada banyak jenis tumbuhan yang sudah dijadikan sebagai penghias. Baik yang diletakkan di dalam rumah maupun outdoor rumah. Hal tersebut juga berguna untuk menambah nilai estetika indoor maupun outdoor rumah.

Bisa Dijadikan Sebagai Bahan Dasar Membuat Pakaian

Memang masih sedikit yang menyadari bila tumbuhan bisa dijadikan bahan dasar untuk membuat berbagai macam produk pakaian. Maksudnya bukan membuat pepohonan langsung menjadi pakaian.

Namun terlebih dahulu diolah sampai menjadi benang kemudian nantinya dijadikan berbagai pakaian. Bisa dikatakan hampir semua pakaian saat ini berasal dari tumbuhan. Tetapi tetap bukan dengan tumbuhan yang asal saja. Ada kriteria tumbuhan yang bisa diolah menjadi benang kemudian diolah menjadi pakaian.

Tanaman yang bisa dijadikan pakaian atau dijadikan sebagai kain yakni sebagai berikut:

  1. Pepohonan yang sudah dipilih nantinya bisa diolah menjadi kapas. Kemudian dari kapas tersebut nantinya diolah kembali menjadi katun. Sampai saat ini banyak pakaian bahan dasar katun digunakan. Terutama digunakan untuk menghindari dari suhu yang sangat dingin.
  2. Pepohonan yang terpilih juga bisa menghasilkan kain linen. Pakaian yang terbuat dari bahan dasar linen ini biasanya identik dengan permukaan yang sedikit kasar. Terutama bila dibandingkan dengan bahan dasar katun. Bahan dasar dari linen ini biasanya dijadikan sebagai handuk, kain pel dan baju hangat. Bahkan sudah banyak digunakan sampai saat ini oleh kalangan masyarakat.

Tumbuhan Juga Bisa Dijadikan Sebagai Obat

Hal lainnya yang bisa didapatkan dari tumbuhan yakni sebagai obat-obatan. Obat yang berasal dari tumbuhan sebenarnya sudah dikenal sejak lama oleh kalangan masyarakat. Terutama tidak memiliki efek samping bila dikonsumsi.

Hal tersebut disebabkan dari sifat alami dari tumbuhan yang dipilih tanpa menggunakan bahan kimia di dalamnya. Paling seringnya tumbuhan yang dijadikan obat diambil dari bagian berikut:

  • Bagian akar tumbuhan

Bagian akar tumbuhan yang dijadikan obat biasanya sering dikenal dengan obat herbal. Obat herbal tersebut sebenarnya benar-benar dibuat tanpa menambahkan bahan lainnya bahkan berupa bahan kimia.

  • Bagian daun tumbuhan

Selain diambil bagian akar. Obat alami biasanya berasal dari daun tumbuhan itu sendiri. Namun tetap diproduksi tanpa adanya bahan lain di dalamnya guna mempertahankan sifat alami dari obat yang sudah dibuat.

  • Bagian batang tumbuhan

Bagian tumbuhan yang sering dijadikan obat ialah batang. Namun tidak semua jenis batang tumbuhan yang bisa dijadikan obat. Dalam artian ada tumbuhan tertentu yang akan dijadikan obat. Maka dari itu perlu dilakukan penelitian terlebih dahulu sebelum menggunakan batang dari pohon yang akan dijadikan obat nantinya.

Itulah hal yang bisa didapatkan dari tumbuhan. Dalam artian peran penting tumbuhan dalam kehidupan manusia hingga saat ini. Ada banyak hal lainnya yang bisa dihasilkan oleh tumbuhan bila diolah dengan baik.

Maka dari itu sebagai masyarakat yang sadar akan peran tumbuhan perlu menjaga tumbuhan yang ada di sekitar. Hal ini berguna untuk menjaga kelestarian sampai dengan tetap menjaga ketersediaan dari tumbuhan. Misalnya ketersediaan sebagai bagan dasar membuat pakaian, membuat obat, bahan pangan dan lain sebagainya.