Manfaat Yang Didapatkan Saat Mempelajari Ilmu Kimia Bagi Kehidupan

Seiring berjalannya waktu ada banyak ilmu pendidikan yang muncul. Bahkan sudah dikenal dunia sampai ini. Hal tersebut tentunya memudahkan semua kalangan masyarakat untuk mengakses pengetahuan baru. Maupun mempelajari sesuatu yang belum dimengerti pada awalnya.

Salah satu ilmu yang mengalami kemajuan sampai dikenal masyarakat yakni ilmu kimia. Ilmu kimia pada dasarnya merupakan ilmu yang begitu penting bagi semua kalangan masyarakat.

Hal tersebut dikarenakan manusia tidak lepas dari apa itu kimia. Percaya atau tidak tubuh manusia pada dasarnya tersusun dari senyawa kimia. Kemudian sebuah peristiwa yang sering di lihat kebanyakan mengandung unsur kimiawi.

Kehadiran kimia di lingkungan masyarakat memberikan dampak yang baik. Ada banyak manfaat bila mempelajari ilmu kimia.

Namun sebelum membahas manfaat ketika mempelajari ilmu kimia, ada baiknya mengenal tentang ilmu kimia.

Sampai saat ini ilmu kimia dibedakan menjadi beberapa jenis antara lain akan dibahas pada artikel ini. Maka dari itu silahkan membaca artikel ini sampai tuntas.

Jenis-Jenis Ilmu Kimia Yang Ada Sampai Saat Ini. Antara Lain:

  • Ilmu Kimia Organik

Kimia organik pada dasarnya ilmu yang membahas tentang bahan alami. Kemudian dijadikan sebagai kajiannya yakni senyawa organik, biasa juga disebut sebagai (senyawa hidrokarbon). Contohnya manfaat dari alkohol, manfaat dari minyak bumi serta hal lainnya.

  • Ilmu Kimia Anorganik

Bila pertama berkaitan dengan kimia organik. Kimia juga ada yang termasuk dalam Anorganik. Bidang anorganik pusat kajiannya ialah senyawa anorganik. Diantaranya  seperti mineral, manfaat dari garam dan masih banyak lagi.

  • Ilmu Biokimia

Biokimia merupakan bidang yang memiliki keterkaitan dengan ilmu biologi. Biokimia juga mempelajari sesuatu yang berkaitan dengan biologi. Diantaranya sifat maupun komposisi senyawa hingga hasil reaksi dari perubahannya. Senyawa yang dimaksud yakni meliputi manfaat dari karbohidrat, manfaat dari protein,  masih banyak lainnya.

  • Ilmu Kimia Analytic

Bidang ini akan menemui kimia kualitatif maupun kuantitatif. Pada bidang kimia analytic fokus pada bagian pengembangan maupun aplikasi peralatan analisis sehingga bisa semakin canggih.

  • Ilmu Kimia Lingkungan

Kimia lingkungan merupakan bidang yang berfokus pada permasalahan seputar lingkungan. Diantaranya seperti pencemaran, cara pengolahan limbah maupun pengolahan sampah. Cara pengolahan air bersih serta banyak yang lainnya.

Baca Juga :  Peran Penting Ilmu Fisika Dalam Dunia Medis
  • Ilmu Kimia Inti (Radiokimia)

Radiokimia pada dasarnya dengan kajian pada zat radioaktif. Penanganan serta pemanfaatan dari ilmu tersebut diantarnya seperti penggunaan pengobatan, pada pertanian, hingga hidrologi.

  • Ilmu Kimia Farmasi

Ilmu kimia farmasi berfokus pada pembuatan obat-obatan. Serta berfokus pada proses pemisahan, proses pembuatan, maupun pengembangan bahan alam dengan kandungan zat aktif.

  • Ilmu Kimia Fisik

Ilmu ini berkaitan dengan ilmu fisika. Ilmu kimia fisik berfokus pada kajian energi yang terjadi pada reaksi kimia. Sifat ilmu fisik kimia serta perubahan senyawa kimia.

  • Ilmu Kimia Pangan

Ilmu kimia pangan lebih membahas tentang sesuatu yang berkaitan dengan kebutuhan pangan. Diantaranya kualitas bahan pangan. Kemudian beberapa zat yang ada di dalamnya. Serta zat lainnya.

Itulah beberapa jenis ilmu kimia sampai saat ini. Hal lainnya yang akan dibahas mengenai manfaat ilmu kimia. Diantaranya sebagai berikut ini:

  • Menambah pengetahuan baru

Pada dasarnya ilmu kimia bisa terjadi secara alami dalam kehidupan kita. Misalnya dengan membaca buku maupun mendengarkan penjelasan dari orang lain. Contohnya dengan memahami bagaimana sebuah proses terjadinya. Diantaranya seperti proses terjadinya pernafasan dalam diri sendiri yang terjadi setiap saat.

  • Dapat memahami kandungan kimia pada makanan maupun minuman

Hingga saat ini banyak makanan maupun minuman yang siap saji. Dalam makanan maupun minuman tersebut tentu terdapat kandungan zat yang bisa berbahaya bagi tubuh.

Namun dengan memahami ilmu kimia, hal tersebut bisa dipahami antara zat baik dan mana yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut juga mengajarkan masyarakat bisa memilih makanan lebih baik lagi agar tidak memiliki risiko pada kesehatan tubuh.

  • Dapat Memahami kekuasaan Allah

Semua peristiwa di sekitar kita pada dasarnya merupakan tanda kekuasaan Allah. Pada saat mempelajari ilmu kimia, kita akan mengetahui rumitnya proses dari suatu peristiwa. Baik itu peristiwa besar bahkan peristiwa yang kecil sekalipun.

Namun secara keseluruhan proses respirasi sangatlah rumit. Semua makhluk tidak akan mampu menciptakan maupun memprogramkan semua sulit dengan mudah. Tetapi  melalui kekuasaan-Nya bisa dilakukan dengan baik.

  • Bisa dijadikan sebagai lapangan pekerjaan

Saat mempelajari ilmu kimia secara otomatis akan memperoleh pekerjaan yang mampu memenuhi kebutuhan manusia. Contohnya bila sudah memiliki keahlian di bidang kimia, bisa dimanfaatkan untuk menjadi guru kimia. Kemudian bisa juga bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang kimia serta hal lainnya.

Baca Juga :  Mengenal Berbagai Macam Ilmu Zoologi Di Berbagai Macam Bidang
  • Dapat memenuhi kewajiban

Bagi pelajar SMP maupun SMA ilmu kimia mampu memenuhi kewajiban sebagai seorang murid. Kimia merupakan pelajaran wajib diikuti maupun dipelajari. Hal tersebut membuat kewajiban di sekolah bisa terpenuhi.

Berbagai bidang yang berkaitan dengan ilmu kimia. Diantaranya sebagai berikut:

  • Bidang kedokteran

Ilmu kimia saat ini dikenal mampu memberikan sumbangsih besar pada bidang kedokteran. Kalangan yang sakit membutuhkan obat untuk proses penyembuhan. Secara keseluruhan obat dibuat oleh farmasi. Terutama farmasi yang masuk dalam cabang ilmu kimia. Maka obat yang dibuat bisa sesuai dengan kebutuhan semua pasien.

  • Bidang pertanian

Sampai saat ini sudah dikenal pestisida serta pupuk. Bahan tersebut merupakan hal yang diperlukan petani. Terutama demi kesuksesan pertaniannya. Dengan pupuk maupun pestisida hasil panen akan lebih banyak serta bisa lebih melimpah. Kedua hal tersebut erat kaitannya dengan ilmu kimia.

  • Bidang geologi

Bidang geologi merupakan penelitian mengenai batu-batu atau dengan bahasa lainnya (mineral). Bahkan mempelajari yang berkaitan dengan pertambangan gas serta minyak bumi.

Bahkan termasuk juga dalam penentuan unsur mineral. kemudian masuk dalam tahap persiapan eksplorasi ilmu kimia. Dengan mempelajari ilmu kimia secara otomatis akan  mampu memahami atau mengerti temuan dari para ahli. Terutama yang berkaitan dengan batuan atau benda-benda alam.

  • Bidang biologi

Bidang biologi merupakan ilmu kimia yang memiliki peran mempelajari makhluk hidup, proses pencernaan makanan. Diantaranya proses pernapasan, mempelajari metabolisme, mempelajari fermentasi, fotosintesis dan banyak hal lainnya. Kemudian masuk juga  dalam struktur maupun sifat suatu senyawa.

  • Bidang hukum

Banyak yang beranggapan apa kaitan antara hukum maupun ilmu kimia. Sebenarnya berkaitan dengan forensik. Diantaranya untuk melakukan tes urine sampai pada tes DNA. Misalnya pada pelaku atau tersangka dalam sebuah kasus. Maka dengan ilmu kimia bisa memproses semua hal yang diinginkan.

Secara keseluruhan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika mempelajari ilmu kimia. Ilmu kimia yang dipelajari lebih dalam bisa membantu untuk memberikan kontribusi yang ada di suatu negara.